GBS Siap Normalisasi Sungai Meliu

RADAR PALEMBANG, MUARA ENIM – Terkait masalah limbah sedimen sebagai dampak pembukaan areal perkebunan sawit oleh PT Golden Blosom Sumatera (PT GBS) di Sungai Meliu, Kecamatan Abab, Kabupaten Muara Enim yang telah dicek Bapedalda Muara Enim 5 Juli lalu, pihak PT GBS bersedia melakukan normalisasi terhadap aliran sungai yang tekena dampak sedimen itu. Bahkan pihak perusahaan menyatakan bersedia untuk dilakukan pemantauan oleh berbagai pihak dalam pelaksanaannya nanti.


“Sedimentasi itu ketebalannya antara 30 hingga 50 cm, kita berjanji akan normalisasi ini. Kami siap untuk dipantau dalam pelaksanaannya dan kami akan laksanakan itu,” ungkap Kabag Umum PT GBS Gunardi saat rapat dengan Bupati Muara Enim Kalamudin Djinab membahas masalah sengketa lahan plasma dengan masyarakat desa sekitar perusahaan, kemarin.
Kalamudin dalam kesempatan itu meminta pihak perusahaan agar memperhatikan dampak yang ditimbulkan terhdap Amdal, bahkan ia sendiri akan kembali mengirimkan tim Bapedalda kesana untuk mengecek situasi dan kondisi sebenarnya. “ Perusahaan harus menjalankan, apa yang harus dilakukan, apa yang harus dipenuhinya. Termasuk masalah Amdal, jika tidak maka itu termasuk melanggar undang-undang lingkungan hidup dan ini ada unsur pidananya, kita akan kembali mengirimkan tim Bapedalda kesana,” tegasnya.
Sementara itu, anggota DPRD Muara Enim Edi Rahmadi mengecam pencemaran yang terjadi di desa Sungai Meliu tersebut, bahkan ia sendiri menilai PT GBS kurang dapat bermasyarakat dan peduli dengan masyarakat sekitar. “Menurut pandangan kami memang PT GBS ini kurang komunikatif dan bermasyarakat. Bahkan dalam membahas masalah penting seperti lahan dan limbah sediment ini pihak perusahaan hanya mengurus beberapa stafnya, bukan direksi atau manajernya. Saya sangat kecewa, bahkan ketika kunjungan ke daerah sana, saya belum mendengar PT GBS memberikan paparan kepada masyarakat mengenai perusahaannya,” ketusnya. (yan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: