Harus Diberikan Kuota Haji Sendiri

RADAR PALEMBANG, HAJI – Kuota jamaah haji yang berasal dari Empat Lawang, termasuk dari kecamatan Tebingtinggi, tahun ini masih bergabung dengan jamaah haji asal kabupaten induk. Semua urusan administrasi yang menyangkut haji termasuk manasik haji masih diselenggarakan oleh Kabupaten  Lahat. Kedepan diharapkan, segala hal menyangkut haji harus dilaksanakan sendiri oleh Kabupaten Empat Lawang. Demikian yang diungkapkan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Tebingtinggi, Drs. Kencana Sotar, kemarin.


“Memang untuk tahun  ini belum memungkinkan bagi Empat Lawang untuk menyelenggarakan sendiri segala urusan yang menyangkut haji.Paling-paling hanya urusan pembayaran ke bank cabang di sini.Lalu bukti setoran dari bank tersebut dibawa ke Lahat dan diperlihatkan di Depag sana. Namun demikian kita berharap semuanya harus dilakukan di sini karena saat ini Kabupaten Empat Lawang sudah memiliki Bupati yang defenitif” ujar Kencana.
Karena itu, ia mendukung jika pemerintah memang akan membuat kuota haji yang terpisah dari Lahat.  “Dengan demikian kita bisa mengefektifkan waktu dan tenaga,” kata Kencana.
Namun meski demikian, masih banyak kendala yang belum bisa diatasi di Tebingtinggi ini. Untuk urusan manasik haji saja misalnya, karena syarat minimal jumlah peserta manasik itu sekitar 45 orang sedangkan jamaah haji Tebingtinggi sampai saat ini yang tercatat baru sekitar 11 orang maka hal tersebut tidak memungkinkan.
“Pertimbangannya efektivitas waktu dan biaya. Biaya penyelenggaraan manasik itu diambil dari jumlah setoran para jemaah, jadi kalau pesertanya hanya sedikit lebih baik digabungkan,” ujar Kencana lagi.
Ada pula hal lain yang menjadi pertimbangan yaitu belum adanya kantor Depag di Empat Lawang yang dapat mengoordinasi semua jemaah dari tujuh kecamatan. Namun, ia berharap nanti, realisasi pembentukan Depag Kabupaten Empat Lawang dapat terwujud.
Sampai saat ini, sebetulnya setiap KUA seharusnya menjadi tempat melapor keberangkatan jamaah. Jadi, urusan haji ini paling tidak diketahui oleh KUA sehingga dapat diketahui berapa jumlah sebenarnya dari jamaah haji di Empat Lawang.
“Jika semua KUA punya datanya tidak usah menunggu penjelasan dan keterangan dari Lahat karena kita punya data sendiri yang diakumulasikan di setiap KUA,” ujarnya.
Beberapa waktu lalu Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri pernah mengungkapkan bahwa hal yang berhubungan dengan pelaksanaan ibadah haji ini sudah harus disiapkan. Dia memprogramkan pada haji tahun depan Kabupaten Empat Lawang memiliki kuota haji sendiri “Dengan demikian jika kita memiliki kuota sendiri, maka jamaah akan lebih dimudahkan dalam urusan baik ONH maupun manasik haji,” pungkasnya. (obi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: