Perhatian Terhadap Olahraga ‘Cina’ Minim

Perhatian pemerintah terhadap olah raga ‘berbau cina’ seperti wushu dan Xiang qi dinilai minim. Hal ini dirasakan betul oleh beberapa warga tionghoa yang sempat dibincangi koran ini, salah satunya Harun.
Menurut salah seorang pengurus kelenteng ini sikap diskriminasi terhadap warga Tionghoa nampaknya masih saja dirasakan.

Walaupun harus diakui sudah lebih baik dibandingkan dengan kondisi beberapa tahun silam. Sikap yang masih terkesan membeda-bedakan tersebut tidak hanya terjadi saat pengurusan surat menyurat seperti pembuatan KK atau KTP, tetapi juga dibidang olah raga berbau Cina seperti wushu.
“ Secara pribadi saya mengatakan diskriminasi itu masih ada, hal ini terlihat dari minimnya perhatian pemerintah terhadap cabang olah raga yang kepengurusanannya banyak berasal dari etnis tionghoa seperti wushu, “ ujarnya.
Dengan minimnya dukungan tersebut tentu saja, tidak yang dapat dilakukan oleh pengurus yang memang sudah cukup lama terbentuk. Kalau ada latihan, tidak jarang pengurus harus mengeluarkan kocek pribadi agar kegiatan tetap berlangsung.
Ditambahkannya, peminat olah raga wushu sebenarnya banyak tetapi tidak bisa dilaksanakan karena tidak ada dana untuk membayar pelatih. “Kan untuk mendatangkan pelatih harus ada dana, kalau tidak kan nggak bisa,” ujarnya.
Dengan keterbatasan tersebut, tentu sangat wajar jika olah raga ini belum memberikan prestasi yang maksimal. Ia berharap kedepan perhatian pemerintah terhadap cabang olah raga seperti wushu dapat lebih ditingkatkan, sehingga pelatihan atau pertandingan-pertandingan untuk memunculkan atlit yang bisa membanggakan daerah bisa naik ke permukaan. “ Kalau pertandingan jarang, latihan nggak, maka kita tahu ada atlit berbakat atau tidak, “ jelasnya penuh harap. (ace)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: