PTBA Bantu Pemkab Rp 5 M

RADAR PALEMBANG, MUARA ENIM – Kepedulian PT Bukit Asam Tanjung Enim terhadap pengembangan generasi muda dan olahraga patut diacungi jempol, buktinya melalui program community development (comdev) PTBA memberikan bantuan senilai Rp 5 miliar kepada Pemkab Muara Enim.

Dalam hal ini bantuan tersebut akan dimanfaatkan Pemkab Muara Enim untuk pembangunan fisik kawasan sport centre di areal GOR Pancasila Muara Enim dengan penambahan beberapa fasilitas fisik olahraga seperti  ruang outdoor dan indoor olahraga futsal, lapangan basket, dan lapangan bola voli.
“Kita hanya menjalankan komitmen yang telah disampaikan beberapa waktu lalu tentang kepedulian kita terhadap generasi muda dan olahraga. Kita juga  mendukung pak bupati yang sangat konsen dengan sumber daya manusia dan bangunan fisik, salah satu bentuknya ya hari ini kita serahkan bantuan itu. Insya Allah, tahun depan bantuan seperti ini jumlahnya akan lebih signifikan. Sebab kita ini seharusnya sudah memiliki lapangan sepak bola standar, mari kita sukseskan pembangunan yang telah ada, kita berharap tahun ini atau tahun depan sudah selesai,” ungkap Direktur ESDM PTBA Mahbub Iskandar usai menandatangani berita acara penyerahan bantuan tersebut kepada Pemkab Muara Enim melalui Bupati Muara Enim Kalamudin D disaksikan oleh Wakil Bupati Muzakir Sai Sohar, Ketua DPRD Muara Enim Thamrin AZ, unsur muspida, dan staf serta direksi PTBA lainnya di ruang rapat bupati, kemarin.
Mahbub menuturkan kepedulian PTBA sendiri telah diwujudkan dengan beberapa program nyata, diantaranya program Taman Hutan Rakyat (Tahura) Enim yang tahun ini sudah ada sebagian yang sudah selesai dibangun dan rencana relokasi atas dapur ke belakang kantor Camat  Lawang Kidul serta kepedulian lainnya di bidang pendidikan dan kesehatan seperti perbaikan dan penataan gedung SMA unggulan Muara Enim dalam membantu fungsinya sebagai wadah pencetak generasi muda yang berprestasi.
“Program comdev kita sudah banyak dilakukan, kami akan dukung setiap pembangunan pemerintah, untuk kali ini Pemkab Muara Enim yang melaksanakannya dan kita salurkan dananya,” jelas ia.
Sementara itu, Bupati Muara Enim Kalamudin Djinab mengatakan bahwa niat baik ini merupakan bentuk respon positif PTBA yang sangat terbuka dengan pemerintah. Ia sendiri menilai kerjasama seperti tersebut sangat berperan dalam membangun pembangunan daerah. Tentu saja, menurut ia bantuan tersebut akan dimasukkan dalam kas daerah yang kelak akan dianggarkan untuk pembangunan itu.
“Kita berharap insya Allah, produksi PTBA dengan kinerja perusahaan yang baik dan kerjasama antara jajaran direksi, komisaris, dan masyarakat, maka visi dan misi PTBA “maju bersama” bisa diwujudkan. Tentu saja, disamping bantuan fisik, sektor lain seperti UMKM, revitalisasi perkebunan, pendidikan, kesehatan dan lainnya juga hendaknya menjadi perhatian. Untuk generasi muda, sekarang dia tidak punya sarana tempat untuk berlatih, tentu perlu kita bangunkan gedung olahraga untuk mereka,” tutur Kalam.
Ia melanjutkan, saat ini pembangunan Gedung Olahraga Pancasila (GOR Pancasila) Muara Enim telah dimulai pembangunan dan pengembangannya. Pemkab Muara Enim sendiri setidaknya memerlukan anggaran sebesar Rp 11 miliar lagi untuk penambahan gedung outdoor dan indoor olahraga futsal, lapangan basket, dan lapangan bola voli. Tentu saja, katanya bila nanti GOR Pancasila ini telah siap digunakan bisa dimanfaatkan masyarakat khususnya generasi muda kota Muara Enim dan Tanjung Enim.
“Ini kita (Pemkab Muara Enim, red) mendapatkan bantuan sebesar Rp 5 miliar, insya Allah tahun depan bisa signifikan lagi sebesar Rp 10 miliar. GOR sendiri merupakan salah satu kebutuhan untuk pemuda, kita bangun dan ini didukung salah satu BUMN terbesar seperti PTBA, sementara untuk program tata ruang menjadikan Tanjung Enim kota tambang ini kita susun dulu detil dan tata ruangnya, mudah-mudahan 2008 ini selesai dan akan kita paparkan dihadapan eselon II Menpera. Kita sarankan, kalau ada kebijakan PTBA untuk pembangunan fisik direncanakan dulu dengan Bappeda, sebab kita harus konsisten dengan tata ruang itu karena menyangkut tersedianya fasilitas dan sarana prasarana yang dibutuhkan,” tambahnya. (yan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: