SBY Persilakan Sultan Deklarasi Capres

RADAR PALEMBANG, DIY-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menilai rencana deklarasi Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai calon presiden di Pemilu Presiden 2009 adalah hak pribadi sebagai warga negara. Karena itu, pemerintah tidak akan menghambat Sri Sultan menggunakan hak politiknya.


“Itu hak sebagai warga negara. Siapa saja boleh mencalonkan diri sebagai presiden. Apakah rakyat akan memilih sebagai presiden, itu soal lain,” ujar Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng di Kantor Presiden kemarin (8/10).
Andi menuturkan, keputusan untuk mencalonkan diri sebagai presiden adalah keputusan pribadi yang terkait dengan dukungan rakyat. Karena itu, tidak tepat bila pemerintah dituduh berusaha menghambat pencalonan Sri Sultan Hamengkubuwono X sebagai calon presiden dengan menerbitkan keputusan presiden tentang perpanjangan jabatan sebagai gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta hingga 2011.
“Keputusan presiden itu terkait perpanjangan masa jabatan gubernur yang seharusnya sudah berakhir, tidak ada hubungannya dengan pencalonan sebagai presiden. Itu dua hal yang berbeda,” tegasnya.
Kemarin, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 86/P/2008 yang berlaku mulai 9 Oktober. Meski telah menerima perpanjangan masa jabatannya, Sri Sultan Hamengkubuwono X dikabarkan akan mendeklarasikan diri sebagai calon presiden pada Pemilu Presiden 2009. (noe/JPNN)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: