Dana BOS Tahap IV Segera Cair

RADAR PALEMBANG, MUARA ENIM – Diperkirakan bantuan operasional sekolah (BOS) dari pusat akan cair sekitar November mendatang. Bantuan BOS ini sebelumnya untuk tahap I, II, dan III telah disetorkan ke rekening masing-masing pihak sekolah yang menerimanya dengan besaran alokasi sebesar Rp 254 ribu per siswa untuk sekolah dasar (SD) sederajat, dan sebesar Rp 354 ribu per siswa untuk tingkat SMP sederajat.

Sementara untuk SMA belum teralokasi, akan tetapi melalui kebijakan Pemkab Muara Enim sebagai pengganti dana bos telah disiapkan sebesar Rp 65 ribu per siswa yang dibagikan per triwulannya.
“Tahap I, II, dan III sudah dibagikan ke masing-masing rekening sekolah yang menerimanya, untuk tahap IV ini kita belum dapat informasinya, kemungkinan sekitar bulan November paling lama. Memang untuk tingkat SMA tidak ada dana BOS, tetapi sudah didrop melalui dana APBD Kabupaten Muara Enim,” ungkap Kasubdin Pendidikan Dasar (DIikdas) Diknas Kabupaten Muara Enim Hj Elmadewi di kantornya, kemarin.
Menurutnya untuk Kabupaten Muara Enim sendiri, penerima dana bantuan BOS ini    sebanyak 436 SD negeri dan 13 SD swasta dengan jumlah siswa sebanyak 93.408 siswa untuk SD negeri dan sebanyak 2.055 siswa untuk SD swasta. Sedangkan untuk tingkat SMP negeri maupun swasta sebanyak 90 sekolah dengan jumlah siswa mencapai 27.187 siswa dan SMP terbuka sebanyak 11 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 1.363 siswa.
“Dana ini hanya dipergunakan untuk operasional sekolah masing-masing itu banyak ada 13 item operasional sekolah yang diperbolehkan, besaran masing-masing sekolah tergantung jumlah siswanya. Dana ini tidak boleh dipergunakan asal-asalan harus untuk operasional sekolah, kalau masyarakat menemukan adanya indikasi pemakaian dana BOS ini untuk kepentingan pribadi laporkan saja ke tim Diknas Kabupaten Muara Enim yang selanjutnya akan kita laporkan kembali ke pak bupati dan Diknas Provinsi, atau kalau memang ada temuan laporkan segera ke inspektorat maupun pihak independen yang nantinya,” ujarnya tegas.
Sementara itu, Kasi Dikmen Diknas Muara Enim Zainal Abidin menjelaskan untuk tingkat SMA memang pemerintah pusat tidak mengalokasikan dana BOS tersebut, hanya saja melalui kebijakan pemerintah daerah untuk tingkat SMA ini juga mendapatkan alokasi dana operasional sebesar Rp 65 ribu per siswa dengan jumlah sekolah yang mendapatkannya sebanyak 25 sekolah untuk SMA negeri dan 16 sekolah SMA swasta dengan jumlah siswa mencapai 14.255 siswa, tingkat Madrasah Aliyah negeri maupun swasta sebanyak 1.053 siswa, dan SMK sebanyak 15 sekolah dengan jumlah siswa mencapai 5.998 siswa. “Alokasi dari APBD Pemkab Muara enim untuk siswa SMA sebesar Rp 65 ribu ini untuk operasional sekolah,” tuturnya singkat. (yan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: