Belanda Berikan Hibah Rp 700 M

RADAR PALEMBANG,HIBAH-Upaya pemerintah mengembangkan sumber energi terbarukan didukung negara mitra. Mereka, antara lain, Belanda yang mengalokasikan dana EUR 50 juta (sekitar Rp 700 miliar) untuk peningkatan kerja sama dengan Indonesia di bidang pengembangan energi terbarukan.

Bantuan tersebut akan dimanfaatkan untuk peningkatan kapasitas dan perencanaan energi, investasi pembangkit tenaga listrik mikro hidro di daerah, serta pengembangan energi panas bumi dan energi biogas.

Hal ini merupakan salah satu hasil dari pertemuan pejabat tinggi (senior officials meeting/SOM) antara Indonesia dan Belanda. Masing-masing dipimpin Dirjen Amerika dan Eropa Departemen Luar Negeri Retno L.P. Marsudi dan Direktur Jenderal Politik Kementerian Luar Negeri Belanda Pieter de Goojier.

Ketua Delegasi Indonesia Retno L.P. Marsudi menegaskan, hubungan dua negara tidak pernah sedekat saat ini. Hal ini, antara lain, ditunjukkan dengan rencana kunjungan sejumlah menteri Belanda hingga awal 2009. Berturut-turut akan berkunjung, Menteri Sosial Belanda Donner pada Oktober, diikuti Menteri Perekonomian Belanda Van Der Hoeven pada November 2008 beserta sekitar 46 delegasi bisnis Belanda.

Kemudian kunjungan Menteri Luar Negeri Maxime Verhagen dan Menteri Kehakiman Hirsch Ballin pada Januari 2009. “Selain itu, sekitar lebih dari 40 pengusaha Belanda juga akan hadir dalam Pameran Produksi Ekspor (PPE), Oktober 2008 mendatang,” sebutnya.

Di bidang pendidikan, Indonesia menyambut baik penguatan kerja sama pendidikan tinggi melalui penandatanganan nota kesepahaman dalam peningkatan kapasitas SDM pada 18 September 2008.(iw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: