BI Likuiditas Tambah Rp 277 T

RADAR PALEMBANG, LIKUIDITAS BI-BANK Indonesia (BI) memastikan melonggarkan Giro Wajib Minimum (GWM) dari semula secara rata-rata 9,08 persen menjadi 7,5 persen. Keputusan ini akan memberi ruang kepada perbankan untuk menambah likuiditas untuk penyaluran kredit hingga Rp 277 triliun.

Deputi Guberbur Senior BI Miranda Swaray Goeltom mengatakan pelonggaran GWM akan menambah puluhan triliun secara permanen ke dalam sistem perbankan Indonesia. Jika melihat rasio kecukupan modal (CAR) yang masih 16 persen, bank masih memiliki ruangan yang lebar untuk penyaluran kredit.

“Jika CAR diturunkan hingga 12 persen, bank masih punya room sebesar Rp 277 triliun,” kata Miranda di Kantor Depkeu, Kamis (9/10). Batas aman CAR adalah 8 persen.

Miranda mengatakan, aturan baru tentang GWM ini nanti akan lebih sesuai dengan keadaan terkini, karena tak lagi dikaitkan dengan LDR atau rasio kredit terhadap dana pihak ketiga. Aturan mengenai GWM, meski telah diputuskan kemarin, baru akan egfektif bulan depan. Ini karena bank sentral masih harus menentukan aturan tentang porsi cadangan pertama dan kedua (primary dan secondary reserve).

,Direktur Utama Bank NISP Pramukti Surdaujaja mengatakan kebijakan tersebut akan mampu melonggarkan likuiditas. “Untuk likuiditas, BI sudah berusaha melalui penurunan bunga repo, perpanjangan waktu repo, dan sekarang penurunan GWM,” kata Pramukti kepada Jawa Pos kemarin.

Miranda melanjutkan, pertumbuhan kredit hingga September masih tumbuh 36 persen. Jika dihitung dari Januari (year to date), pertumbuhannya 25 persen. Sehingga sampai akhir tahun pertumbuhan kredit masih berkisar antara 25-27 persen. (sof/fan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: