Ekspor & Impor Sumsel Terpukul

RADAR PALEMBANG, EKSPOR-Selain perusahaan-perusahaan go publik  yang terpukul akibat melemahnya rupiah atas dolar hingga membuat saham mereka anjlok. Sektor ekspor- impor juga bakal terpukul.
Pasalnya melemahnya rupiah tentu akan membuat komuditas yang akan diekspor akan turun karena biaya operasional membengkak.

Nah, jika biaya operasional sudah membengkak tentu akan membuat para pengusaha mengurangi ekspornya, karena takut merugi.
Begitupun dengan impor akibat melemahnya rupiah tentu akan membuat harga komoditi yang akan diimpor melambung. Hal ini juga yang akan membuat pengusaha mengurangi keinginan impornya karena sama takut merugi.
“Memang melemahnya rupiah tidak hanya berdampak pada sektor ekspor tapi juga impor,”ungkap Wiet Soegito, Direktur PT Sumber Terang, kemarin.
Wiet juga menceritakan mengenai perusahaannya yang bergerak pada sektor ekspor impor dimana masih wait and see terhadap komunitas yang akan di ekspor.
“Saya contohkan pada sektor CPO dimana harganya merosot hingga menembus level USD 600 per barel akibat merosotnya minyak mentah. Nah, jika sektor ini diekspor dengan harga demikian tentu tidak akan menguntungkan karena biaya operasional membengkak akibat melemahnya rupiah atas dolar,”ucapnya.
Wiet juga memprediksi imbas dari melemahnya rupiah ini akan membuat ekspor impor  Sumsel khususnya ke Amerika akan merosot. ’’Ini perlu mendapat perhatian serius dari semua komponen yang ada di Indonesia,’’katanya.
Hal senada juga diungkapkan salah satu pengusaha Sumsel yang bergerak dibidang kontraktor perkebunan yang enggan disebut namanya. Menurutnya, selaku pengusaha dirinya saat ini hanya wait and see sembari menunggu tindakan pemerintah untuk mengatasi masalah ini. “Pengaruh terbesar jelas pada perusahaan go public, namun tidak menutup kemungkinan pada sektor-sektor lain,”pungkasnya.(sep)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: