Harga Kopi Justru Anjlok

PAGARALAM – Harga kopi anjlok drastis. Penurunan harga kopi musim mencapai Rp 4.500 per kg, sedangkan untuk kopi sela turun Rp 4.000 per kg. Penurunan harga kopi ini merugikan petani kopi di Pagaralam.


Beradasarkan pantuan  di beberapa agen kopi bahwa harga kopi yang semula mencapai Rp 15.500 per kg turun drastis mencapai Rp 11.000 untuk kopi musim. Sedangkan untuk kopi sela semula harga kopi mencapai Rp 12.000 per kg dan sekarang turun menjadi Rp 8.000. Meski demikian masih banyak masyarakat yang mau menjual kopi dengan harga yang sudah turun seperti sekarang ini.
Menurut Sarkoni, petani kopi yang ditemui saat menjual kopi di agen, tidak tahu harga kopi bisa turun drastis. Sementara agen besar kopi di Pagaralam H Dimyati Rais, mengatakan bahwa kemungkinan menurunnya harga kopi dikarenakan krisis ekonomi global yang saat ini melanda Amerika Serikat.
Dikatakanya, untuk saat ini jumlah kopi musim masih 30 persen dari total produksi kopi tahun ini yang masih berada di petani. Pihaknya berharap pemerintah mengantisipasi penurunan harga kopi ini, sehingga tidak turun lebih dalam. “Kami para agen tidak mengetahui harga kopi akan turun lagi atau tidak, tetapi kami berharap harga kopi tidak turun lagi,” tukasnya. (ear)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: