Hutan Tower di OKUT Bikin Gerah

RADAR PALEMBANG, MARTAPURA – Maraknya pendirian tower membuat Pemkab OKU Timur, bertindak tegas. Sebab, banyak di antara tower dari berbagai operator seluler yang didirikan tersebut tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB).

Untuk itulah, Bupati OKU Timur H Herman Deru meminta kepada jajarannya mulai dari kelurahan, kecamatan, Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, dan instansi terkait lainnya untuk lebih berperan aktif untuk menertibkan IMB bangunan tower sebelum mereka beroperasional.
Hal tersebut diungkapkan Asisten II Setda OKU Timur HM Rivai Raila saat memimpin rapat koordinasi tentang IMB di OKU Timur diruang Bina Praja Sabtu kemarin (11/10). Menurut Rivai, berdirinya tower dapat memberikan dampak yang positif yaitu mempermudah komunikasi jarak jauh. Selain itu, pembangunan tower juga memberi keuntungan bagi pemilik tanah dan warga sekitar yang tanahnya berada disekitar bangunan tower.
“Memang dengan berdirinya bangunan tower, juga dapat menambah pendapatan asli daerah kita jika mereka mengurus IMB serta Surat izin tempat usaha. Tapi jika mereka tidak mengurus IMB, maka kita akan menjadi penonton didaerah kita sendiri,” ungkap Rivai.
Ditegaskan Rivai ke depan Pemkab OKU Timur akan menindak tegas terhadap operator seluler yang tidak memiliki IMB. Adapun tindakan tegas yang akan diambil menurutnya, yaitu berupa penyegelan terhadap bangunan tower milik operator seluler. Untuk itu, dirinya atas nama bupati meminta agar PU Cipta Karya mendata bangunan tower milik operator seluler yang tidak memiliki IMB.
“Kita akan gembok tower tersebut dan bila perlu kita sita alat yang digunakan sebagai pembangkit listriknya, agar mereka tidak dapat beroperasional. Jangan mentang-mentang kita seolah diam mereka semaunya, kita inikan negara hukum semuanya ada aturan jadi taatilah peraturan tersebut,” tegas Rivai di hadapan para Camat, Lurah, Kades kepala Dinas PU CK.
Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya Fahmi Janan mengatakan, jika PU CK dalam memproses IMB berdasarkan atas surat dari Camat. “Tak mungkin Dinas PU yang mendata keberadaaan tower seluler tersebut, lokasinya ‘kan jauh-jauh. Jadi yang lebih mengetahui pasti keberadaan tower tersebut adalah pihak kecamatan mulai dari izin tetangga hingga izin lainnya,” ucap Fahmi.
Fahmi mengatakan, saat ini baru 78 tower milik operator seluler yang telah terdata memiliki IMB yang keberadaannya tersebar di 20 kecamatan yang ada di OKU Timur. “Jika ada selain itu berakhir tower tersebut tidak ada IMB,” jelasnya. (awa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: