Dana Kampanye, Aldy Sisa Rp 9 Juta SOHE Rp 590 Juta

RADAR PALEMBANG, ANGGARAN – Pasangan Alex Noerdin – Eddy Yusuf (Aldy) tak hanya mempunyai anggaran lebih besar saja. Ternyata dari sisi penggunaan pasangan ALdy jauh lebih besar dari pada pasangan Syahrial Oesman – Helmy Yahya (SOHE).


Dari pengumuman yang dibuat oleh KPU Sumsel yang merupakan hasil audit, tercatat pasangan Aldy hampir menghabiskan semua anggarannya. Tercatat anggaran kampanye Aldy awal sebesar Rp  15.097.981.207,79. Dari dana sebesar itu pengeluaran mencapai Rp 15.088.742.171.00. Sehingga direkening Aldy tersisa Rp 9.239.036,79.
Bagaimana dengan pasangan SOHE ? Meski memimiliki dana Rp 11.299.205.000 namun pengeluaran pasangan SOHE terbilang sangat kecil. Sebab SOHE selama kampanye hanya mengeluarkan Rp 10.708.429.501. dengan saldo Rp 590.775.499 (Rp 590 juta lebih).
Menanggapi ini Anggota KPU Sumsel Helmi Ibrahim menegaskan sisa dana kampanye tersebut akan dikembalikan lagi ke pasangan calon, bukan dimasukan ke kas negara. ”Kalau sumbangan lebih, baru dimasukan ke kas negara,” tambahnya.
Diakui pula, pengumuman ini molor selama dua hari dari waktu yang dijadwalkan. Dikatakan pula dana kampanye yang diumumkan itu sudah bersifat final. Mengingat sudah diaudit akuntan publik serta dipaparkan dihadapan KPUD Sumsel.
Uji publik ini kata Helmi sesuai aturan dilakukan selama lima hari sejak diumumkan. Dengan berbagai pertimbangan KPU Sumsel telah melakukan perpanjangan sampai H-1 sebelum jadwal pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih.
Perpanjangan ini dilakukan dalam rangka memberikan kesempatan kepada masyarakat Sumsel untuk berperan aktif dalam memantau dan menilai calon pemimpinnya.
“Laporan diberikan kepada KPU Sumsel secara langsung. Terhadap laporan itu kami akan melakukan klarifikasi untuk membuktikannya. Kemungkinan sanggahan yang bakal datang, bisa mengenai sumber dana kampanye pasangan calon serta penggunaannya,” imbuhnya.(rul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: