Ekonomi Kerakyatan Belum Tersentuh

RADAR PALEMBANG, PAPARAN- Pembangunan ekonomi kerakyatan belum begitu tersentuh dalam paparan visi dan misi calon bupati dan calon wakil bupati (cabup-cawabup) Lahat periode 2008-2013, kemarin.
Umumnya, calon masih menyaikan visi misi secara konvensional dengan mengusung tema perubahan menuju kesejahteraan Lahat. Kendati pun ada yang membawa visi ekonomi, sifatnya masih secara makro dan belum begitu ‘membumi’ dengan membawa dampak langsung ekonomi kecil menengah.

Dalam paparannya, pasangan H Amin Daoed SE MM- Dra Hj Endang DS MM membawa tema  berupaya terwujudnya Kabupaten Lahat maju dan sejahtera ditopang oleh Sumber Daya Manusia yang sehat dan berkualitas serta optimalisasi pemanfaatan Sumber Daya Alam.
Tidak jauh berbeda, pasangan Ir Lukman Nulhakim- Pokbi Exman BF SH bertekad untuk menjadikan Lahat teladan dan maju. Caranya, dengan menciptakan pemerintahan bersih, rasa aman dan persatuan, pembangunan budaya masyarakat agamis, membangun perekonomian di desa dan kota yang tangguh, serta menjaga dan membina kelestarian alam.
Sedangkan Drs H Safaruddin Gumay MM- hj Nurbaiti Rahim Sag MM, mengusung bagi terwujudnya masyarakat Kabupaten Lahat terdepan di Sumatera Selatan. Empat aspek pelayanan dasarnya antara lain pendidikan, pelayanan kesehatan, peningkatan pendapatan, dan pelayanan administrasi public.
Sementara itu, konsep ekonomi kerakyatan baru dinyatakan oleh pasangan Hermanto SH MSi- Hj Zulhana. Pasangan ini memiliki program mewujudkan masayarakat Kabupaten Lahat yang lebih berkualitas, mampu berperan aktif dalam pembangunan dan dapat mengembangkan ekonomi kerakyatan secara mendiri dengan berlandaskan kepada ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Berbeda dengan itu, pasangan H Saifudin Aswari SE- Drs H Sukadi Duadji MM justru memfokuskan perhatian untuk menyatukan perbedaan guna membangun Kabupaten Lahat yang aman, mandiri, dan sejahtera melalui peningkatan persatuan dalam pembangunan, dan mewujudkan pemerintahan daerah yang good government (pemerintahan bersih).
Untuk pasangan Drs H Akmaludin MM- Drs H Chozali Hanan MM, memiliki tema sentral Lahat Emas, yakni Ekonomi, Mandiri, Agribisnis, dan Sejahtera) yang berarti terwujudnya ekonomi kerakyatan yang mandiri berbasis agribisnis menuju masyarakat sejahtera.
Dalam kesempatan yang sama, pasangan Mukti Sulaiman SH Mhum- H Niko Fransisco SH ingin mewujudkan Kabupaten Lahat maju, mandiri, dan sejahtera. Melalui terwujudnya daya saing sehat dan kemandirian daerah, peningkatan perekonomian daerah, serta peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup.
++Berjalan Alot++
Sementara itu, suasana penyampaian visi-misi tujuh pasangan Cabup-Cawabup Lahat di gedung DPRD setempat kemarin berjalan alot. Di dalam gedung, ratusan pendukung tiap pasangan tampak hiruk-pikuk memberikan dukungan, kendati demikian pelaksanaan penyampaian sendiri berjalan aman dan lancar.
Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, panitia menyediakan tempat berbeda bagi pendukung masing-masing pasangan. Pihak Polres dan Kodim juga menyiagakan personelnya dengan menempatkan di setiap sudut maupun pintu masuk gedung Dewan.
Terpisah, Wakil Ketua DPRD Lahat Drs H Ahmad Subardi Akbar menyatakan, dalam penyampaian visi-misinya tiap pasangan diberi waktu sekitar 45 menit, penyampaian visi-misi ini tidak diperkenankan untuk tanya jawab kepada tiap pasangan calon.
Menurut Subardi, penyampaian visi dan misi merupakan awal pelaksanaan kampanye yang akan berlangsung hingga 26 Oktober mendatang. Sementara, masa tenang akan dilaksanakan tiga hari setelah jadwal kampanye selesai, yakni dimulai pada 27 hingga 29 Oktober. Adapun pencoblosan akan dilaksanakan pada 30 Oktober mendatang. “Saya harapkan Pilkada Lahat ini dapat berjalan lancer, tertib, dan aman,” ucap Subardi.
Wakil Bupati Lahat Zubir Ali, dalam sambutannya meminta pada pemilih yang ada di Kabupaten Lahat agar dapat menggunakan hak pilihnya  sesuai hati nurani masing-masing. Dengan begitu, lima tahun kedepan, Kabupaten Lahat ini dapat benar-benar dipimpin oleh seorang pemimpin yang memperhatikan masyarakatnya. “Jadikan kesuksesan Pilkada Gubernur Sumsel sebagai tolok ukur suksesnya Pilkada di Kabupaten Lahat,” tuturnya.

++Aparat Siap Mengamankan++
Untuk pengamangan, gabungan pasukan dari Polda Sumsel dan Polres Lahat semakin solid, setelah dilaksanakan apel gelar pasukan pengamanan  di Eks Lapangan MTQ kemarin. Dengan kesigapan itu, diharapkan pemilihan Cabup-Cawabup Lahat 30 Oktober mendatang berlangsung sukses dan aman.
Untuk itu, dalam pengamanan ini  melibatkan melibatkan sedikitnya dua ribuan personil pengamanan yang terdiri dari 105 personil Brigade Mobil  dan Dalmas Polda Sumsel, 594 personil satuan Polres Lahat, 212 personil TNI Kodim 0405, dan 1.296 personil Linmas.
Dalam sambutan AKBP Drs Johnry Mars selaku inspektur upacara gelar pasukan pengamanan Pemilukada Lahat menjelaskan, menjadi tugas berat yang harus diemban tidak hanya satuan kepolisian, namun juga pihak terkait lainnya seperti TNI dan Linmas.
Pasalnya, pengamanan ini terbilang berlangsung cukup lama yakni 111 hari, terhitung mulai dari masa kampanye yang telah ditetapkan (kemarin. red), masa penjoblosan, pemungutan suara, sampai pelantikan Bupati Lahat terpilih nanti.
Turut hadir dalam apel pengamanan Pemilukada Kabupaten Lahat ini, Bupati Lahat Drs H harunata MM diwakili Wabup Zubir Ali dan unsur muspida Pemda Lahat, pasangan kandidat, KPUD dan Panwaslu Kabupaten Lahat. Usai apel, kemudian dilanjutkan dengan parade pasukan pengamanan pemilukada keliling Kota Lahat. (cr01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: