KPU Banyuasin Terancam Lumpuh

RADAR PALEMBANG, KOSONG – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuasin, Imam Supeno mengungkapkan, KPU Banyuasin bakal mengalami kekosongan, jika aturan mundur bagi anggota KPU lama yang mau mencalonkan diri diterapkan. Pihaknya pun menanggapi dingin regulasi khusus yang telah dibuat oleh KPU Provinsi tersebut.


Menurut Imam, berdasarkan UU No 22 Tahun 2007 yang dipedomani oleh KPU sebagai landasan kerja, tidak tertulis secara eksplisit aturan yang mengharuskan pengunduran diri bagi anggota KPU yang ingin mencalonkan diri kembali. “Saya belum terbaca aturannya. Kita ‘kan semua berdasarkan atas aturan tertulis yang menjadi pedoman kerja kita. Kalau memang tidak ada kenapa harus melakukan,” bebernya.
Menurutnya, kalau memang harus diterapkan aturan mundur tersebut, maka bisa dipastikan dalam jangka waktu tertentu KPU Banyuasin akan mengalami kekosongan dan lumpuh aktivitasnya. Padahal, kerja KPU tidak bisa dipotong alias berkesinambungan.
Dicontohkan, Imam di Banyuasin sendiri kalau seluruh anggota KPU maju untuk mencalonkan diri kembali, yang akan tertinggal hanya sekretaris dan staf KPU. “Lalu siapa yang akan bekerja, itu ‘kan nanti imbasnya pada tahapan tahapan pemilu. Ya, bagaimana mau kerja kalau tidak ada SDM,” ungkap Imam.
Apakah seluruh anggota KPU Banyuasin akan kembali mencalonkan diri? Dijelaskan Imam, hingga saat ini dirinya belum mengetahui hal itu. Namun dipastikan Imam, secara pribadi ia tidak akan mencalonkan diri sebagai anggota KPU, karena namanya sudah termasuk dalam daftar caleg sementara (DCS ) nomor urut 2 daerah pemilihan 3 yang meliputi Kecamatan Makarti jaya, Air saleh, Muara padang, dan Muara sugihan.
“Kalau yang lainnya tidak tahu, silakan tanya sendiri dengan yang bersangkutan, kalau saya tidak mencalonkan diri. Karena nama saya sudah tercatum dalam DCS,” ungkapnya. (qen)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: