Mau Digusur, Sewa Toko Dinaikan

RADAR PALEMBANG, MARTAPURA – Sejumlah bangunan di kawasan Simpang Tiga Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Martapura dalam waktu dekat akan dilakukan penggusuran.  Penggusuran ini terkait akan dibangunnya taman kota di kawasan tersebut oleh Pemerintah  Kabupaten (Pemkab) OKU Timur.


Ada beberapa bangunan yang akan dirobohkan di lokasi yang akan dibangun taman tersebut, di antaranya agen koran Expres, toko manisan dan depot kayu. Akibat merebaknya isu penggusuran tersebut, pemilik bangunan kebingungan mencari lokasi baru untuk menyambung hidup keluarganya.
“Adanya isu pembongkaran ini membuat sejumlah pemilik tanah yang akan dibongkar ini langsung  menaikkan harga sewa karena mereka menganggap tanah mereka bakal diganti rugi. Jadi kami saat ini masih kebingungan mencari tempat untuk berjualan yang lebih strategis,” ujar Jamil, agen koran yang kiosnya akan mengalami penggusuran
Menurut Jamil, dirinya berharap Pemkab OKU Timur memberi jeda waktu kepada mereka terkait rencana pembongkaran bangunan tersebut, karena pada prinsipnya mereka menyetujui rencana pembangunan taman yang akan dilakukan pemerintah demi keindahan dan kemajuan Kota Martapura.
Sementara itu Kepala Dinas Kebersihan Keindahan dan Pasar (DKKP) OKU Timur Dharma Siswandy mengatakan, rencana pembangunan taman kota di kawasan Simpang Tiga Desa Tanjung Kemala yang merupakan tanah milik PT PJKA Kecamatan Martapura akan dilakukan pada tahun 2009 mendatang. “Ini sesuai dengan perintah Bupati untuk keindahan dan kenyamanan OKU Timur,” ujarnya.
Sementara itu Bupati OKU Timur H Herman Deru mengungkapkan, Simpang Tiga Desa Tanjung Kemala yang kini statusnya milik PJKA, merupakan kawasan yang tidak diperbolehkan mendirikan bangunan apapun. “Sebenarnya bukan hanya pada lokasi yang saat ini sudah didirikan bangunan, melainkan di seberang jalan itu pun tidak diperbolehkan mendirikan bangunan. Karenanya bangunan yang ada akan dibongkar untuk kemudian dijadikan taman kota,” ungkap Bupati. (awa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: