Oknum Kades Jual Rp 2.500 Raskin

RADAR PALEMBANG, BANYUASIN – Niat baik pemerintah untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan kelurga miskin dengan memberi jatah  beras untuk orang miskin (raskin) di Kabupaten Banyuasin,  kembali ternodai. Pasalnya, oknum Kepala Desa Sedang, Kecamatan Betung, IS menjual harga beras raskin tersebut kepada masyarakat miskin sebesar Rp 2.500 per kg. Padahal, seharusnya, beras khusus untuk keluarga miskin tersebut hanya dihargai sebesar Rp 1.600 tanpa pungutan biaya.


Ketua BPD Desa Sedang, Ismail menjelaskan, pihaknya mengaku keberatan dengan keputusan kepala desa tersebut. Apalagi, masyaratat setempat yang mengaku keberatan dengan tingginya harga beras jatah tersebut. Seharusnya, kepala desa menjual harga beras tersebut sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Apalagi, banyak masyarakat di desa Sedang yang kondisi perekonomiannya masih memprihatinkan.
“Kalau beras raskin dari camat harganya Rp 1.700 per kilogram. Tapi kenapa di Desa Sedang beras tersebut dijual kepala desa Rp 2.500. Hampir dua kali lipat dari harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Ya, masyarakat sedang memprotes kebijakan kepala desa, karena harga tersebut terlalu tinggi dan memberatkan mereka, terutama masyarakat miskin yang mendapatkan jatah tersebut,” terang Ismail.
Sebenarnya, lanjut Ismail, perihal tingginya harga beras raskin yang dikeluarkan oleh kepala desa sudah dilaporkan kepada kantor kecamatan. Namun, hingga saat ini belum ada tindak lanjut. Padahal, masyarakat berharap, kecamatan dapat bertindak tegas dengan penyimpangan yang dilakukan oleh oknum kepala desa setempat.
Hal yang sama juga diungkapkan Suherman. Peningkatan harga raskin terlalu memberatkan masyarakin. Bahkan, pihaknya mengharapkan kepada perangkat desa untuk tidak mengotak-atik harga raskin yang telah ditetapkan pemerintah.
Sementara itu, Kasubag Kesra Pemkab Banyuasin, Rahman menjelaskan, jatah raskin yang didistribusikan kepada keluarga miskin sudah ditetapkan dan tidak boleh dinaikan lagi. Karena harga tersebut adalah harga sampai pada pendistribusian.
Jika masih ditemukan, lanjut Rahman, kenaikan harga raskin tersebut dilakukan oknum yang berada di bawahnya dan oknum tersebut telah melanggar ketetapan pemerintah.
Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada pihak terkait, untuk menyampaikan jatah bagi masyarakat miskin sesuai dengan haknya tanpa harus dikurangi atau dilebihkan harganya. (qen)

Satu Tanggapan

  1. sebenarnya harga raskin berapa?
    karena di desa kami tepatnya desa karang sari kecamatan banyuasi II kabupaten banyasin di jual oleh aparat desa sehaga RP.2 600
    saya inin tau lbih lanjut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: