Seharian Ziarah ke Makam Ulama dan Tokoh Aceh

RADAR PALEMBANG, HASAN TIRO-Hari kedua setibanya di Banda Aceh, deklarator dan Ketua  Gerakan Aceh (GAM)  Tgk Hasan Di Tiro kemarin, seharian mengunjungi makam ulama, tokoh Aceh, dan lokasi lain yang berkaitan dengan musibah tsunami.

Sekitar pukul 09.30,  Wali Nangroe – sapaan Hasan Tiro – mengunjungi makan raja Aceh Iskandar Muda di kompleks pendopo gubernur. Setelah itu iring-iringan  rombongan Hasan Tiro meninggalkan Meuligoe, rumah kediaman resmi Gubernur NAD menuju makam ulama besar Aceh Syiah Kuala di Desa Deyah Raya, Kecamatan Syah Kuala, Banda Aceh sekitar pukul 10.00 WIB.
Di sini Hasan Di Tiro yang ditemani mantan petinggi GAM, seperti Malek Mahmud, Zaini Abdullah secara khusuk berdoa bersama. Meski lokasi makam di pinggir pantai, warga sekitar berduyun ke lokasi untuk melihat wajah dari dekat tokoh yang sudah sekitar 29 tahun tinggal di Swedia itu. ‘’Saya senang bisa menjabat tangan beliau (Hasan Tiro, Red),’’ ujar seorang ibu bangga.
Dari sini rombongan melanjutkan perjalanan ke Meure, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar untuk mengunjungi makan pahlawan nasional Tgk Chik Di Tiro yang merupakan kakek buyut Hasan Di Tiro.
Di sini Hasan Di Tiro disambut para ulama setempat. Seorang berpakaian adat Aceh memberi sirih menyambut kedatangannya.
Selanjutnya Hasan duduk di pelaminan khas Aceh untuk menerima upacara peusijeuk (tepung tawari), tradisi ucapan selamat menyambut tamu yang sudah lama meninggalkan kampung halaman.
Hasan Di Tiro sangat berkesan dengan penghormatan itu. ‘’Beliau terharu dengan penyambutan luar biasa itu,’’ kata Muzakir Abdul Hamid, pembantu khusus Hasan Tiro dari Swedia kepada Jawa Pos, kemarin.
Sebab, ini kali pertama Hasan Di Tiro datang ke Aceh dan bisa berdoa di makam kakek buyutnya setelah lama meninggalkan bumi Aceh. ‘’Mata beliau sampai berkaca-kaca,’’ tuturnya.
Ditambahkan Muzakir, keharuan Wali Nangroe serupa juga terlihat pada kunjungan ke tempat lain seharian kemarin. Seperti, saat mengunjungi pemakaman masal korban gelombang tsunami 26 Desember 2004 lalu di Ulee Lhue, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh.
Setelah itu rombongan melanjutkan  kunjungan ke dok kapal apung PTLD di Desa Punge Blang Cut, Kecamatan Jayabaru, banda Aceh  sebagai saksi bisu kedahsyatan gelombang tsunami 26 Desember 2004 lalu. Kapal berbobot mati 2. 600 ton itu terhempas gelombang dari tempatnya semula pantai Ulee Lheu sekitar 5 km dari tempatnya sekarang.
Setelah itu rombongan kembali ke Meuligoe, pendopo tempat kediaman resmi Gubernur NAD yang menjadi tempat menginap Hasan Di Tiro selama kunjunganya ke Aceh.
Hari ini, Hasan Di Tiro dijadwalkan pulang kampung ke Kabupten Pidie. Di sinilah Hasan Di Tiro dilahirkan. Hasan Di Tiro memeiliki satu anak bernama Karim Tiro, yang sekarang menetap di Cincinnati, negara bagian Ohio AS sebagai dosen sejarah di Universitas Xavier. Karim Tiro anak tunggal Hasan Di Tiro hasil perkawinannya dengan wanita berkebangsaan Amerika, Dora yang kini sudah bercerai.
‘’Soal jam berapa rombongan ke Pidie, kami tak bisa menjelaskan,’’ ungkap Muzakir. Di Pidie, Muzakir mengatakan, Hasan Di Tiro pulang kampung, menengok saudara dan berziarah ke  makam orangtua dan kakek buyutnya.
Terpisah, Wakil Gubernur Aceh Muhammad Nazar berharap, kunjungan Wali Nangroe ke Aceh bisa meningkatkan rasa aman bagi rakyat Aceh dan memperkuat pelaksanaan perdamaian MoU Helsinki. ‘’Itu harapan kami rakyat Aceh,’’ kata Nazar kepada Jawa Pos di sela-sela penyambutan Hasan Tiro di Bandara Iskandar Muda, Sabtu lalu.
Hal senada diungkapkan mantan juru bicara GAM Sofyan Dawood. Dia berharap kedatangan Wali Nangroe bisa meningkatkan perdamaian di bumi Aceh. ‘’Itu harapan kami,’’ aku Sofyan di Bandara Iskandar Sabtu lalu. Soal adanya perpecahan mantan anggota GAM, Sofyan membantah keras. ‘’Tidak ada itu perpecahan,’’ bantahnya. (bh/nw/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: