Bank Sumsel Berangkatkan 1.882 CJH

JUMLAH jemaah calon haji (JCH) tabungan Tasbih terus meningkat setiap tahunnya. Ini tidak terlepas dari peningkatan pelayanan yang diberikan oleh Bank Sumsel dengan selalu menghadirkan terobosan produk-produk baru.

Salah satunya adalah tabungan tasbih yang dibuka pada tahun 2005 dengan pertama kali memberangkatkan sebanyak 581 orang atau sekitar 9,24 persen dari kuota sebanyak 6290 orang.
Di tahun 2008 telah terdaftar 1.882 orang siap berangkat haji atau sekitar 28.65 persen dari kuota sebanyak 6.360 orang. “Jumlahnya naik dari tahun lalu dimana kita memberangkatkan 1.290 orang atau sekitar 20.51 persen dari kuota. Persentase ini sudah baik, karena tujuh bank yang ikut dalam program haji rata-rata 15 persen dari kuota dan pada tahun depan kita targetkan mencapai 30 persen dari kuota,”kata Dirut Bank Sumsel, Asfan Fikri Sanaf kepada wartawan yang ditemui di sela-sela acara penutupan manasik haji sekaligus pelepasan jemaah calon haji tabungan Tasbih Bank Sumsel di Masjid Rajawali, kemarin (15/10) pagi.
Kegiatan manasik haji ini, jelas Asfan, merupakan yang kedua kalinya dilakukan oleh Bank Sumsel dengan tujuan agar jemaah calon haji memiliki persiapan yang lebih matang dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Sedangkan acara pelepasan jemaah calon haji tabungan Tasbih telah terselenggara untuk yang keempat kalinya. Kegiatan berlangsung 10 kali pertemuan mulai 29 Juli 2008 hingga 15 Oktober 2008 yang diisi berbagai kegiatan seperti penjelasan dari Departemen Agama tentang kegiatan haji, penjelasan kesehatan dan lainnya.
Sementara itu, 53 persen jemaah haji asal Palembang telah melakukan tahapan tes kesehatan yang digelar Dinas Kesehatan kota Palembang.  “Memang sebanyak 53 persen dari 3780 jemaah haji asal Palembang telah melakukan tes kesehatan,”ungkap Kepala Dinas Kesehatan kota Palembang, Zulkarnean Nurdin melalui Kasubdin P2P, Dr H Madeni Nurcik M.
Setelah tahap pertama dilanjutkan dengan tes tahap kedua yang digelar ditiga tempat yaitu puskesmas yang telah ditetapkan oleh dinkes.
Selain menceritakan mengenai jumlah jemaah yang telah melakukan tes, Madani juga menjelaskan 3 jemaah yang terpaksa dirujuk ke dinas kesehatan provinsi karena mengalami kendala kesehatan.
Kemarin (15/10) pukul 09.00WIB juga telah dilaksanakan manasik haji untuk 3.600 calon jamaah haji Palembang. Masik dilaksanakan di Masjid Agung Palembang dihadiri oleh Wali Kota Palembang H. Edy Santana Putra, Kakandepag H. Rosidin Hasan, serta ketua yayasan Masjid Agung Palembang.
Menurut Kakandepag Sumsel H. Rosidin Hasan mengatakan, untuk jumlah keseluruhan calon jamaah haji yang ada saat ini berjumlah 3600 orang, itupun sudah masuk mutasi dari luar daerah yang berjumlah 127 orang.
Terpisah, Wali Kota Palembang H. Edy Santana Putra mengatakan untuk para jamaah yang nantinya akan berangkat pertama kali supaya berangkatlah dengan iklas. “ Saya bersyukur karena jumlah jamaah haji berjumlah 3600 orang, jumlah ini merupakan peningkatan yang cukup tinggi dari tahun kemarin. Dan diharapkan untuk calon jamaah haji supaya bisa disiplin waktu dan pentingnya persahabatan antar tim masing-masing yang saat itu merupakan satu kloter,”ungkapnya.(yen/sep/vie)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: