Pilkada Lahat, Calon Lontarkan Kritik

RADAR PALEMBANG, KRITIK – Calon bupati dan wakil bupati Lahat mulai melontarkan kritik terhadap keberlangsung pembangunan di Lahat. Tudingan keterbelakangan dan kesejahteraan rakyat menjadi sorotan tajam. Kritik  tersebut salah satunya dilontarkan  pasangan nomor urut 7 Mukti Sulaiman SH Mhum- H Niko Fransisco SH (Manis) saat menggelar kampanye dialogis di hadapan pendukungnya di Gedung Perjuangan Lahat, kemarin.


Dalam kampanyenya, Manis mengungkapkan berdasarkan data yang mereka peroleh, Lahat termasuk salah satu dalam empat kabupaten yang mengalami keterbelakangan. Menurutnya, hal tersebut  sangat jauh dari kewajaran sebab Lahat memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup, seperti minyak bumi, pertanian, dan batu bara yang tentunya siap menopang kesejahteraan serta pembangunan kabupaten Lahat.
“Jika itu terjadi pada OKU Selatan saya anggap wajar, sebab pemerintahan OKU Selatan belumlah genap lima tahun, dan OKI yang dominan dengan rawa-rawa, serta Banyuasin yang masih banyak perairannya walaupun dalam masa musim kemarau. Sedangkan Lahat yang subur, sangat tidak wajar kalau masih dalam tarap terbelakang,” ucap Mukti Sulaiman.
Selain itu, Manis turut mengangkat persoalan pendapatan per kapita yang ada selama ini. Dijelaskannya, saat ini pendapatan per kapita hanya mampu diraih Rp 7 Juta per tahun, Rp 600 Ribu per bulan, dan Rp 20 Ribu saja per hari. Dia pun menganggap pendapatan tersebut belumlah layak, sebab Manis berjanji akan mendongkraknya menjadi Rp 27 juta per tahun jika dia terpilih menjadi Bupati Lahat 2008-2013.
Pada kesempatan itu, turut hadir Ketua DPD PKS Ariyudi Hardian ST dan pengurus serta kader PAN yang juga memberikan orasi di depan pendukung Manis. Dalam orasinya Ariyudi menerangkan telah banyak kandidat lain yang meminta PKS untuk memberikan dukungan bahkan dengan menawarkan iming-iming segepok uang.
Namun sebagai Partai yang berwibawa, kata Ariyudi, PKS tidak dengan mudah menerima tawaran tersebut sebaliknya para calon harus melalui uji kandidat berupa fit and profer test terlebih dahulu.
“Setelah kami seleksi maka yang terbaik dalam penilaian kami adalah pasangan Manis, oleh karena pasangan ini memiliki kelebihan dibanding kandidat-kandidat lain dan memiliki data-data statistik akurat tentang Lahat yang akan dibangunnya lima tahun kedepan, untuk itu saya mengharapkan dalam dua minggu kedepan ini marilah sama-sama kita mensukseskan pasangan nomor urut 7 menjadi Bupati Lahat 2008-2013, Allahu akbar!!!,” teriak Ariyudi.
Sementara itu, sekitar pukul 14.30 WIB partai yang baru saja memantapkan dukungannya terhadap pasangan nomor urut 5 H Saifudin Aswari SE- Drs H Sukadi Duadji MM (Saji) yakni Partai Demokrat (PD), menyelenggarakan Rapat Kerja Cabang ke-1 (Rakercab) dan Pernyataan Pemberian Dukungan terhadap Saji di Gedung Kesenian Jalan Kol H Barlian, Lahat.
Rakercab tersebut dihadiri Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat (DPD PD) Sumatera Selatan A Djauhari, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PD Lahat Ir Holda Msi, Ketua Dewan Pembina PD Lahat Ismed Inohu, pasangan Saji, ratusan pendukung Saji dan simpatisan PD Lahat.
Dalam sambutannya, Djauhari mengintruksikan kepada seluruh simpatisan dan kader PD Lahat mulai dari tingkat DPC sampai ke tingkat anak cabang, untuk mendukung dan memenangkan pasangan Saji serta Calon Presiden Republik Indonesia, yakni Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
“Mari bersama-sama kita mendukung dan memenangkan SBY untuk maju kembali pada Pemilu 2009, serta pasangan Saji pada 30 Oktober mendatang,” tandas Djauhari.
Begitu juga dengan Holda. Menurutnya, Saji adalah sebuah singkatan dari Sejahtera untuk rakyat, akal, akhlak, akrab dengan rakyat, jiwa raga dan pikiran selalu untuk rakyat, serta impian masyarakat Lahat akan terwujud menjadi kenyataan jika pasangan nomor urut 5 ini terpilih menjadi Bupati lima tahun kedepan.
“SBY dan Wari adalah sama, beliau sama-sama berjuang untuk rakyat dan itu bukan saat ini saja, akan tetapi jauh sebelum pencalonan telah mereka terapkan, hidup SBY!!!, hidup Saji!!!, hidup Demokrat!!!,” teriak Holda berapi-api.
Selain kader PD, massa yang hadir dalam Rakercab tersebut juga dari aliran-aliran partai berbeda seperti Golkar dan PBR, sehingga dalam orasinya Saji mengucapkan terima kasih kepada partai-partai lain yang telah mendukung dan mensukseskan pencalonannya.
“Golkar, PBR, Demokrat, dan partai-partai lain telah membuat tonggak sejarah pada 4 September lalu, dengan berhasil memenangkan pasangan Alex Noerdin-Eddy Yusuf dalam pemilihan Gubernur Sumsel, dan saat ini sejarah tersebut akan terulang kembali dengan sama-sama memenangkan pasangan Saji, setujuuu???,” seru Saji yang disambut gemuruh tepuk tangan pendukungnya.
Terpisah, empat calon kandidat lain yang juga sama-sama menggelar kampanye dialogis kemarin diantaranya, pasangan nomor urut 1 H Amin Daoed SE MM- Dra Hj Endang DS MM (AmEn) di zona III Kecamatan Jarai atau Pajar Bulan, pasangan nomor urut 3 Drs H Safaruddin Gumay MM- Hj Nurbaiti Rahim Sag MM (Sanur) di zona I Gumay Talang, nomor urut 4 Hermanto SH MSi – Hj Zulhana di zona I Merapi Barat, nomor urut 6 Drs H Akmaludin MM- Drs H Chozali Hanan MM (Akli) di zona I Kikim Selatan, sedangkan untuk nomor urut 2 Ir Lukman Nulhakim- Pokbi Exman BF SH (Si dasi biru), kemarin tidak mengambil jadwal penyelenggaraan kampanye. (cr01)

MANIS Guyon, AMEN Sepi Pendukung
*ACC Optimis, SAJI Disambut antusias
LAHAT – Pasangan calon bupati (cabup)-calon wakil bupati (cawabup) nomor urut 7, Mukti Sulaiman SH MHum-H Nico Fransisco SH (MANIS) berdialog dengan warga Lahat, kemarin (15/10). Bertempat di Gedung Juang, dialog berlangsung akrab, dan diwarnai bayolan dan guyonan.
Hadir juru kampanye (jurkam) Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Lahat Apriyudi Hardian ST, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Halipan Matsohan SSi, dan Ketua DPRD Empat Lawang Joncik Muhammad SSi.
Salah tokoh masyarakat Lahat yang hadir, H Usman Effendi mengatakan, belum ada Bupati Lahat yang sampai sekarang menunjukan kinerjanya guna mensejahterakan masyarakat Lahat menuju kearah yang lebih baik lagi. “Saya secara pribadi sangat mendukung pasangan MANIS untuk maju menuju kursi Lahat 1,” katanya.
Dia mengharapkan MANIS memperhatikan fasilitas air bersih yang selama ini kurang diperhatikan apabila terpilih. “Kenapa saya mengatakan demikian, karena, masalah air bersih tidak akan pernah selesai, kalau tidak diperhatikan sedikit pun, sehingga yang kita terima air kotor terus,” tegas Usman.
Jurkam Joncik Muhammad dengan berapi-api mengajak masyarakat Lahat untuk mencoblos nomor tujuh. Sebab duet pasangan ini akan kuat guna mengatasi rintangan dan halangan yang berada di depan. “Jadi, dalam dua minggu terakhir jangan sampai lengah, sebab pada kesempatan tersebut kandidat lain akan melakukan hal yang sama untuk menarik simpatik dari masyarakat,” tegas Joncik.
Sementara itu, pasangan nomor urut 1, H Mohd Amin Daoed SE MM-Dra Hj RR Endang DS MM (AMEN), berdialog dengan tokoh masyarakat Kecamatan Jarai, dan sekitarnya di ruang serba guna Kecamatan Jarai. Namun, peserta yang hadir tidak begitu ramai.
“Tidak mungkin visi dan misi bisa terealisasi, kecuali masyarakat Jarai, dan sekitarnya bersatu, dalam satu barisan bersama Kecamatan lain, mendukung dan memenangkan pasangan nomor satu ini, sehingga benar-benar terwujud menjadi orang nomor satu pula di Kabupaten Lahat,” kata Amin.
Amin menuturkan, kurang lebih 23 tahun mengabdi di Kabupaten Lahat mulai dari staf, kepala dinas, hingga Sekretaris Daerah Kabupaten Lahat. “Semua itu, adalah pengalaman yang sangat berharga. Namun, dengan pengalaman itu juga saya mengerti tentang apa kebutuhan yang sebenarnya untuk membangun Kabupaten Lahat ke depan,” katanya.
Pasangan cabup-cawabup nomor urut 6, Drs H Akmaluddin MM-Drs H Chozali Hanan MM disambut antusias warga Desa Pagar Jati Kecamatan Kikim Timur. Meski tanpa didampingi Akmaludin, namun Chozali bersama jurkam (juru kampanye) dari partai yang mengusung tetap berapi-api menyampaikan visi dan misi. Tidak lain, terkait upaya membawa kemajuan pembangunan jika terpilih orang nomor satu di bumi seganti setungguan.
“Hal inilah menjadi sasaran tujuan jika terpilih nanti, sebagai bentuk pengabdian kami untuk Kabupaten Lahat. Khususnya seperti apa yang telah saya lakukan kepada masyarakat Kikim Area,” terangnya.
Jurkam dari PDIP Heriyanto Hasan SSos menyebutkan, pasangan yang diusung adalah pasangan kandidat yang dinilai sarat pengalaman. Pasalnya, Akmal merupakan tokoh yang tidak henti-hentinya memajukan kualitas pendidikan. Sedangkan, Chozali sebagai tokoh yang aktif dan berpengalaman berkecimpung dibidang pemerintahan. “Saat ini, kita berjanji untuk bersama-sama bulatkan tekad dan bergandengan tangan untuk memilih pasangan kandidat dengan nomor urut 6,” ajaknya.
Pada hari kedua massa kampanya, pasangan nomor urut 5, H Saifudin Aswari Riva’I SE-Drs H Sukadi Duadji MM (SAJI) melakukan kampanye dialogis di Desa Gunung Kembang, dan Desa Tanjung Jambu Kecamatan Merapi Timur yang disambut antusias dari warga dua desa tersebut. Pasangan SAJI merupakan pasangan yang dieluh-eluhkan warga Lahat untuk dapat memimpin bumi seganti setungguan dengan slogan saatnya berubah.
Dibagian lain, nomor urut 2, Ir H Lukman Nulhakim-Pokbi Lord Exman BF SH berkampanye di Kecamatan Mulak Ulu, dan nomor urut 4, Hermanto SH MSi-Hj Zulhana (HAZA) di Kecamatan Merapi Barat, sementara nomor urut 3, Drs Safaruddin Gumay MM-Hj Nurbaiti Rahim SAg MM (SANUR) di Kecamatan Gumay Talang.(13/16)

3 Tanggapan

  1. Sapa pun yg terpilih JANGAN CUMA VISI MISI, JANGAN CUMA KAMPANYE, KORUPSI LA TERUS SAMPE ALLAH YG HUKUM KALIAN

  2. Saji..ok..boangee..t

  3. я считаю: бесподобно…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: