UMKM Lebih Kuat dari Perusahaan Go Public

RADAR PALEMBANG, UMKM – Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diyakini tidak akan hancur oleh terpaan badai krisis finansial di sektor keuangan. Pasalnya, sektor ini lebih fleksibel.  Penilaian itu disampaikan Direktur Umum Bank Perkreditan Rakyat Sukasada, H Karim Hasan.


Menurutnya, sektor ekonomi rakyat akan lebih kebal dari krisis finansial, karena minimnya sektor tersebut bersentuhan dengan kegiatan ekspor impor sehingga aman dari terpaan krisis finansial kalau terkena tentu akan tentu tidak akan terlalu berdampak.
“Ini yang membuat sektor UMKM lebih kuat dibanding perusahaan-perusahaan go public ataupun perusahaan yang telah go public,” ujar Karim, kemarin.
Karim juga mengatakan, sebenarnya sejarah sudah memberi bukti  bagaimana ketahanan sektor UMKM. “Krisis 1998 memang hebat, dan itu memukul semua sektor. Tapi, UMKM relatif mampu bertahan dan kemudian bangkit kembali,” ujarnya
Karim menuturkan, fleksibilitas UMKM menjadi kunci bagi kuatnya daya tahan sektor tersebut. Itu  yang membuat UMKM tidak kaget dengan ketatnya likuiditas bank saat ini, yang mungkin bisa berimbas ke pengetatan kredit ke dunia usaha.
Untuk itu, Karim meminta agar pemerintah tetap konsisten dan serius dalam  memberikan jaminan kepada Masyarakat yang punya dana di perbankan.(sep)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: