Bunga Mas Kantongi Izin Seismik

RADAR PALEMBANG, MUARA ENIM – PT Bunga Mas International Co, secara resmi mendapatkan izin lokasi dari Bupati Muara Enim untuk melakukan seismik di tiga kecamatan yakni Muara Enim, Tanjung Agung, dan Lawang Kidul. Direncanakan proyek seismik yang dikerjakan kontraktor PT Elnusa Company, khusus di Kabupaten Muara Enim akan mengambil lintasan yang dilalui sejauh 15 hingga 20 km dan diperkirakan proyek ini selesai Januari dan Februari 2009 nanti.


Wakil Pimpinan Proyek PT Bunga Mas International Co Suwarno menjelaskan jika PT Bunga Mas sendiri beroperasi 90 persen di Kabupaten Lahat dan 10 persen di Kabupaten Muara Enim. Sementara operasional di dua kabupaten itu telah berjalan sejak  18 Mei lalu, ia mengatakan bahwa pekerjaan seismic sendiri dilakukan guna memperoleh data batuan di bawah permukaan bumi tentang ada tidaknya kandungan minyak bumi di bawah lapisan itu. “Kita ketahui proses seismik ini untuk mengetahui ada tidaknya kandungan minyak bumi di bawah lapisan batuan dengan metode yang ada, karena lokasi seismik kita juga ada di Kabupaten Muara Enim ini kita mohon Pak Bupati (Kalamudin Djinab) untuk menerbitkan izin prinsip penggunaan lokasi,” ungkapnya saat memberikan penjelasan kepada Bupati Muara Enim, kemarin.
Disamping itu ia mengatakan diharapkan dari seismic yag dilakukan itu setidaknya nanti perusahaan ini mampu  menemukan 11 sumur yang akan dimanfaatkan oleh BP Migas untuk membuka areal lokasi sumur pengeboran yag barutahun 2008-2009 nanti. “Jadi pekerjaan kita telah dimulai dari September 2008 lalu, dimulai dari arah barat Kabupaten Lahat terus ke timur Muara Enim. Kita akan lakukan sosialisasi terlebih dahulu ke tingkat masyarakat paling bawah yakni pemilik lahan yang dilalui proses seismik, disamping dibantu dengan aparat pemeritah yang ada, sedangkan untuk ganti rugi lahan yang dilalui itu kita akan mengacu pada SK Gubernur  sebesar Rp 1.350 per meter untuk lahan produktif dan Rp 5 ribu untuk ganti rugi lubang bor seismik pada lahan penduduk,” ulas dia.
Sementara itu, Kalamudin mengharapkan pihak perusahaan agar mengikutsertakan kepala desa setempat dalam hal sosialisasi hingga ke daerah sasaran seismik itu. Bahkan jika memungkinkan, perusahaan juga mengikutsertakan perusahaan lainnya seperti PTBA dan PT BSP yang terlebih dahulu memiliki izin atas lahan itu jika lintasan seismik itu melewati areal perusahaan tersebut. Sementara untuk membantu menggerakan perekonomian daerah, Bupati mengharapkan agar para investor memanfaatkan fasilitas yang ada di Kabupaten Muara Enim sendiri seperti perbankan dan perhotelan.
Senada Kepala Dinas Pertambangan dan Energi  Kabupaten Muara Enim M Yunus mengatakan hendaknya perusahaan juga memperhatikan aspek yang ditimbulkan akibat seismik ini seperti kasus  retaknya beberapa rumah penduduk di daerah Lembak dan Rambang Dangku. (yan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: