Seleksi KPU; Anggota Lama tak Perlu Buat Makalah

RADAR PALEMBANG, SELEKSI – Meski bertarung sebagai incumbent, namun anggota KPU yang lama tak akan diperlakukan khusus pada penjaringan anggota KPU yang baru. Hanya saja, salah satu keuntungannya mereka tak harus membuat makalah layaknya orang baru.


”Semua anggota KPU yang mencalon dan mendaftarkan diri akan tetap diperlakukan sama dengan calon anggota lainnya. Tak akan ada perlakuan yang berbeda,” kata Ketua KPU Sumsel Syafitri Irwan kemarin.
Hanya saja, kata Syafitri Irwan yang akrab disapa Iwan, ada satu keuntungan yang diperoleh mereka. Anggota lama tidak perlu membuat makalah atau karya ilmiah terkait dengan kerja KPU. Baik perannya di pemilu legislatif maupun pemilu presiden dan pemilu kepala daerah.
“Tapi ada satu keuntunga, mereka tidak perlu lagi membuat makalah. Sebab mereka dianggap sudah faham dengan kerja KPU. Hanya itu keuntungannya. Sisanya mereka tetap akan diperlakukan sama dengan peserta lainnya. Baik tes mau pun soalnya,” kata Iwan.
Terpisah dikemukakan Ketua KPU Kota Palembang Kms Khoirul Mukhlis, diperkirakan peserta calon anggota KPU Kota Palembang akan membludak. Mengingat dirinya sudah banyak mendapat telepon dari masyarakat yang menanyakan syarat menjadi anggota KPU.
Untuk anggota KPU Palembang sendiri akan menempati Media Center KPU Kota Palembang sebagai sekretariat. Bahkan untuk anggaran tidak masalah, sebab kini dari APBN telah tersedia Rp 160 juta untuk seleksi.
Jadwal sendiri telah disusun, pelantikan akan digelar20 November mendatang. Pengumuman akan dilakukan pada 22 – 24  Oktoberdan penerimaan pendaftaran pada 22 – 30 Oktober. Selanjutnya pada 26 – 30 Oktober akan dilakukan penelitian berkas administrasi calon dan akan digelar seleksi tertulis pada 3 November.
”Pengumuman nama daftar calon dan uji publik pada 4 – 10 November. Yang dilanjutkan dengan wawancara serta klarifikasi terhadap masukan dari masyaralat pada 11 – 12 Oktober. Nah, pada 13 November mereka yang lolos akan disampaikan kepada KPU Sumsel sebanyak 10 orang. Dari KPU Sumsel akan dilakukan fit and proper test pada 14 – 18 November. Pada 19 November akan diumumkan mereka yang lolos sebanyak 5 orang dan dilantik pada 20 Novembernya,” tandasnya.(rul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: