Tiga Bulan Santunan Jasa Raharja Bertambah Rp 11 Miliar

RADAR PALEMBANG, SANTUNAN-Dana santunan yang diberikan asuransi PT Jasa Raharja (persero) tahun ini melonjak drastis hingga 150 persen lebih, akibat aturan Menteri Keuangan Maret yang dikeluarkan lalu. Sementara dalam tiga bulan ke depan nilai santunan yang akan dikeluarkan mencapai Rp 11 miliar.


Humas PT Jasa Raharja Cabang Palembang, B Bastiar Telaumbanua mengatakan, sampai posisi September 2008 nilai santunan yang dikeluarkan perusahaan tersebut mencapai Rp 29,94 miliar. Padahal posisi sampai Desember tahun lalu angkanya hanya Rp 20,2 miliar.
”Kenaikan ini terjadi akibat keluarnya Peraturan Menteri Keuangan.010 tahun 2008 yang mulai dilaksanakan 27 Maret 2008 lalu. Diperkirakan sisa waktu tiga bulan ke depan nilai santunan akan bertambah Rp 11 miliar, jadi totalnya tahun ini yang akan dibayarkan Rp 40,94 miliar,” tandas Bastiar, kemarin. Disinggung mengenai peningkatan volume kecelakaan, dia mengakui, tidak mengalami perubahan berarti. Rata-rata peningkatannya hanya sekitar 14 persen.
Sementara, mengenai program akhir tahun, PT Jasa Raharja (persero) akan gencar melakukan sosialisasi. Misalnya dengan menempatkan petugas pelayanan di tempat-tempat strategis khususnya di lokasi kecelakaan. Wilayah yang akan ditempatkan petugas itu masing-masing ada di Muara Enim, Kayu Agung, Martapura dan Pangkal Pinang.
Penempatan satu orang pertugas di masing-masing wilayah tersebut untuk bisa lebih intensif mendekatkan diri pada masyarakat sekaligus melaporkan ketika terjadi kecelakaan dan memerlukan uang santunan. ”Petugas juga sekalian akan memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai Jasa Raharja,” ucap Bastiar.
Adapun proses sosialisasi hingga ke level desa, sambung dia, sudah terjadi dengan sendirinya. Pengenalan perusahaan BUMN itu dilakukan dari mulut ke mulut. Apalagi jika sebelumnya di daerah tersebut sudah ada warga yang menerima santunan dari Jasa Raharja. ”Mereka inilah yang akan memberitahukan kepada warga lainnya di wilayah masing-masing.”
Sementara itu, sampai posisi Semptember 2008 nilai santunan yang disalurkan perusahaan mencapai Rp 29,9 miliar. Tertinggi diberikan untuk santunan meninggal dunia yang menerima Rp 23,7 miliar, luka-luka Rp 5,88 miliar, cacat tetap Rp 29,62 miliar dan penguburan Rp 12 juta.(ade)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: