Alokasikan CPNS 2008 217 Ribu

RADAR PALEMBANG,CPNS-Pemerintah pusat tahun ini mengalokasikan penerimaan CPNS sebesar 80 ribu CPNS untuk dari porsi honorer, sedangkan porsi umum diberikan sebanyak 217 ribu CPNS. Rencananya penerimaan pendaftaran CPNS di Pemprov Sumsel akan dilaksanakan akhir tahun 2008.

“Saat ini formasi umum memang masih dibatasi, karena masih banyak diambil untuk penempatan pengangkatan tenaga honorer diperkirakan akan habis pada pengangkatan tahun 2009 mendatang. Tinggal 83 ribu lagi untuk pengangkatan tahun 2009. Kita berharap bisa secepatnya tuntas,’’ungkap Mentri Pemberdayaan Aparatur Negara (PAN) Taufiq Effendi di sela-sela pembukaan koordinasi wilayah barat dalam upaya pemberantasan korupsi guna meningkatkan investasi.

Dibincangi mengenai penerimaan tenaga honorer kembali, menurut Taufiq, sejauh ini belum ada aturan baru. ‘’Kita harap tidak ada sistem penerimaan tenaga honorer yang baru mulai tahun 2009. Semuanya akan kembali semula nanti. Jadi setiap penerimaan langsung dilakukan seleksi dan tak ada lagi system pengangkatan,’’jelasnya.

Untuk sektor prioritas, sejauh ini masih berkutat di sektor penerimaan tenaga guru. Disusul sektor kesehatan, sektor pertanian, serta beberapa sektor khusus untuk tenaga ahli.

“Mulai 2009 nanti, porsi penerimaan, mulai dari jumlah kebutuhan, tim penyeleksi, juga pembuatan soal dan keputusan akan langsung diserahkan kepada daerah masing-masing,”ungkapnya.

Jadi, untuk saat ini pihaknya berharap daerah bisa melakukan inventarisasi, bagaimana efisiensi kebutuhan pegawai di daerah. Sehingga persiapan penerimaan di daerah akan lebih efisien.

Lebih jauh ia menambahkan, untuk saat ini pusat memang lebih cenderung untuk membatasi jumlah alokasi penerimaan. Sehingga jumlah pengajuan sering tak sebanding dengan porsi yang ada.

Oleh sebab itulah, melalui system perekrutan diserahkan langsung ke daerah nanti, pihaknya berharap tak ada lagi pola-pola penerapan system kolusi atau nepotisme. “Kita minta trasnparansi dari Pemda bisa berjalan dengan baik, sehingga akan mampu tercipta good and clean governance,”ungkapnya.

Mengenai persiapan pembukaan CPNS tahun 2008, rencannya bakal dibuka serempak di akhir tahun November-Desember. “Kita tinggal menunggu administrasi untuk perekrutan dari umum saja, karena sebagain jatah sudah diambil oleh honorer sebnayak 83 ribu,”kata Taufiq lagi.(ayu)

Iklan

Satu Tanggapan

  1. pliz ksh tau saya klu ada lowongan cpns sumsel th 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: