OKI Pilih Pemimpin

RADAR PALEMBANG, PILKADA – Sesuai jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD),  hari ini merupakan puncak pesta demokrasi Pilkada Bupati OKI Periode 2009 – 2014. Sebanyak 486.326 rakyat  OKI akan memilih secara langsung empat pasangan calon bupati dan calon wakil bupati untuk memimpin Bumi Bende Seguguk untuk 5 tahun kedepan.


Seperti diketahui, Pilkada OKI diikuti empat pasang kandidat. Masing-masing  pasangan nomor urut 1 Ir H Iskandar Maliki MM – Drs H Iskandar Aidi MM ,  pasangan nomor urut 2 Iskandar SE – Kapten (Purn) Kukuh Pudiyarto, pasangan independent Hendri Faishal Damhari SE – Rahma Dewi HA Kalung SE Ak dengan nomor urut 3, dan pasangan incumbent Ir H Ishak Mekki MM – H Engga Dewata Zainal SSos pada nomor urut 4.
Para kandidat yang sebelumnya telah melakukan masa kampanye selama 14 hari tersebut di dukung penuh partai pendukung yang siap mengantarkan masing-masing kandidat untuk meraih suara terbanyak.
Partai pendukung masing-masing calon tersebut yakni pasangan Ir H Iskandar Maliki MM – Drs H Iskandar Aidi atau Duo Iskandar yang diusung Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Nasional Indonesia (PNI) Marhaeins, Partai Penegak Demokrasi Kebangsaan (PPDK), Partai Nasional Banteng Kemerdekaan (PNBK), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Partai Patriot, Partai Serikat Indonesia (PSI), Partai Pelopor dan Partai Persatuan Nahdatul Ulama Indonesia (PPNUI).
Sedangkan Pasangan Iskandar SE – Kukuh Pudiyarto atau Kandaku diusung Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), untuk pasangan nomor urut 3 Hendri Faishal Damhari – Rahma Dewi merupakan pasangan calon dari jalur independent atau non partai yang sesuai aturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pasangan indenpenden harus mempunyai dukungan suara 4 persen dari jumlah penduduk.
Sedangkan pasangan incumbent Ishak Mekki – Engga Dewata didukung Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat,  Partai Merdeka, Partai Damai Sejahtera (PDS), Partai Indoensia Baru (PIB), Partai Keadilan Persatuan Indoensia (PKPI) dan Partai Bintang Reformasi (PBR).
Sementara itu, Ketua KPUD OKI Ir Haisen Hower MP mengatakan,  KPUD OKI telah mempersiapkan sebanyak 1.352 Tempat Pemungutan Suara (TPS)  yang masing-masing TPS tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten OKI.
“Bila semua pihak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan masyarakat serta masing-masing masa pendukung para kandidat juga tidak melakukan hal-hal yang bisa mengacaukan jalannya pemilukada maka pilkada bupati di OKI ini dapat berjalan kondusif seperti pelaksanaan pemilihan gubernur Sumatera Selatan yang lalu,” jelasnya.

++Penjagaan Ketat++
Sementara itu,  memasuki hari pencoblosan,  pengamanan pelaksanaan  di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKI lebih di perketat. Menurut pantauan RADAR PALEMBANG kemarin, pengamanan dari pihak kepolisian menyiagakan personil bersenjata lengkap yang difasilitasi juga dengan mobil anti huruhara water canon serta pagar kawat berduri yang terpajang di pintu masuk lingkungan KPUD OKI.
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) OKI, AKBP Yudhi Faizal Hambali SH MH melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasatreskrim) Kepolisian Resor (Polres) OKI AKP Yury Nurhidayat SIK saat dikonfirmasi kemarin mengatakan, pihak polres OKI telah lama menurunkan ratusan anggota Polres OKI dan Kepolisian Sektor (Polsek) di setiap kecamatan untuk mengamankan Pemilukada.
Menurutnya, polres OKI tidak hanya menjaga ketat Kantor KPUD OKI saja, melainkan polres OKI  juga telah menurunkan beberapa personil untuk menjaga masing masing kandidat Cabup dan Cawabup yang ikut serta dalam pilkada OKI selama dilokasi kampanye masing-masing pasangan.
“Dalam setiap tahapan pada pelaksanaan Pemilukada OKI ini selalu dipantau pihak Polsek, Polres dan Polda (Kepolisian Daerah) Sumatera Selatan dan Kodim 0402 OKI,” jelas Yury Nurhidayat
Untuk hari ini, sambungnya, masing-masing personil telah di siagakan di masing-masing wilayah guna pengamanan pencoblosan sampai penghitungan. “Masyarakat tetap diimbau agar seluruh warga OKI dan massa masing masing kandidat untuk bersama sama menciptakan Pemilukada OKI yang damai dan aman,’’ katanya.
“Bila terjadi tindakan anarkis atau tindakan yang dapat mengacaukan jalannya pemilukada di bupati OKI ini, maka pihak Kepolisian menindak tegas pelaku maupun provokator yang menyebabkan terjadinya kericuhan tersebut,” ujar Kasatreskrim yang selama ini memang bertindak tegas dalam menjalankan tugas tersebut.

++Tidak Mencoblos++
Informasi lain dihimpun koran ini,  dari empat calon Bupati OKI yang bertarung ternyata hanya Ir H Ishak Mekki MM yang dapat melakukan pencoblosan. Menurut rencana, dia mencoblos di TPS I Kelurahan Sidakarsa yang tak jau dari kediamannya, sedangkan tiga calon Bupati lainnya masing-masing Ir H Iskandar Maliki MM, Iskandar SE dan Hendri Faisal SE tidak bisa menyoblos karena bukan penduduk OKI.
Sedangkan untuk empat calon Wakil Bupati yakni Drs H Iskandar Aidi MM, H Engga Dewata SSos, Rahma Dewi dan Kukuh Pudiyarto berhak mencoblos karena tercatat sebagai penduduk OKI.
Untuk Calon Wakil Bupati Drs H Iskandar Aidi MM melakukan pencoblosan di TPS IV jalan Gubah kampung Mandiri Keluraha Paku Kayuagung, H Engga Dewata SSos nyoblos di TPS desa Pedamaran III, Rahma Dewi SE di TPS II desa Pedamaran V dan Kukuh Pudiyartu d TPS desa Tugu Jaya Lempuing. (cr02)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: