Pasangan Sanur Protes Atribut

RADAR PALEMBANG, PROTES – Alat peraga kampanye tujuh pasangan Cabup-Cawabup Lahat periode 2008-2013 membuat gerah salah satu kandidat. Pasalnya, pasangan independen Drs H Safaruddin Gumay MM- Hj Nurbaiti Rahim Sag MM yang terkenal dengan sebutan “Sanur” dan nomor urut 3, kemarin, melayangkan surat kepada Panwaslu Lahat. Isinya, mempersoalkan alat peraga kampanye dari pasangan calon lain.


Laporan yang tertanggal 21 Oktober Nomor 712/SN/X/2008 tersebut, berisikan permintaan kepada Panwaslu Lahat untuk membersihkan alat peraga seperti bendera dan umbul-umbul yang bersliweran di sekitar lapangan PJKA, tempat dimana Sanur akan menggelar kampanye akbar tanggal 22 Oktober 2008.
Menanggapi laporan tersebut, Panwaslu Lahat merujuk pada perundang-undangan yang mengatur tentang tata cara dan larangan kampanye, bahwa pada pasal 78 huruf g undang-undang 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, dalam kampanye dilarang merusak atau menghilangkan alat peraga kampanye pasangan calon lain.
“Jadi tidak ada alasan bagi Panwaslu Lahat untuk meloloskan permintaan Sanur tersebut, sebab sudah jelas bila membersihkan atribut pasangan calon lain disaat jadwal kampanye masih berlangsung, maka bertentangan dengan perundang-undangan,” ucap Kepala Panwaslu Lahat Hesniaty Sag didampingi anggotanya Drs Alfian Santosa, kemarin.
Ditambahkan Alfian, jika pembersihannya hanya untuk satu hari saja yakni pada tanggal 22 Oktober 2008 dimana Sanur menggelar kampanye, maka pihaknya tetap tidak dapat meloloskan permintaan tersebut. Sebab, rata-rata semua gambar calon dan umbul umbul yang ada di seputaran lapangan PJKA sudah dipasang secara permanent.
“Semua alat peraga mulai dari bendera, gambar calon, umbul-umbul, dan balon udara baru dapat kita tertibkan setelah memasuki masa tenang yakni 27 Oktober nanti,” bebernya.
Direncanakan, dalam menertibkan seluruh atribut calon yang tersebar di seluruh kabupaten Lahat, Panwaslu akan dibantu Satuan Polisi Pamong Praja pemerintahan daerah yang siap terjun kelapangan. “Kalau tidak ada halangan tanggal 26 Oktober sore tim Pol PP sudah mulai melakukan penertiban, khususnya untuk Kota Lahat terlebih dahulu,” pungkasnya. (cr01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: