Tersangka Teroris Dipertemukan Dengan Anak dan Keluarga

RADAR PALEMBANG,TERORIS- Densus 88 AT Mabes Polri memberikan kesempatan  lima tersangka teroris yang dua hari lalu dibawa ke Palembang untuk rekonstruksi bertemu keluarga. Pertemuan dilakukan di Markas Komando (Mako) Brimob Polda Sumsel, kemarin (22/10). Suasana haru pun  tak tertahan ketika istri, anak, serta orang tua para tersangka bertemu dengannya.


Pertemuan itu berlangsung dari pukul 10.30 WIB hingga pukul 11.30 WIB itu.  Pada kesempatan itu tampak hadir Christin, istri tersangka Agustiawarman dan orang tuanya, Purwati ibu tersangka Heri, Suud bapak tersangka Sugiarto dan anggota lainnya termasuk Kms Abdul Azis orang tua tersangka Toni yang tidak didatangkan ke Palembang.
Para keluarga langsung dikumpulkan di Aula Brimob. Suasana ceria anak-anak tersangka pun terdengar jelas dari luar ruangan. Selama hampir satu jam lamanya, satu persatu pihak keluarga dari lima tersangka ini terus bergantian masuk ke ruangan khusus yang berada di bagian Provos Brimob Polda Sumsel. Setelah bertemu, anggota keluarga kembali lagi ke Aula.
“Saat rombongan keluarga tiba, mereka tidak bisa menahan lagi rasa rindunya ingin langsung bertemu. Istri, anak, orang tua beserta sanak keluarga yang turut hadir tidak bisa membendung air mata. Mereka langsung berpelukan satu sama lainnya. Apalagi saat ini masih dalam suasana lebaran. Saya juga bisa membayangkan, betapa harunya suasana saat mereka bertemu di ruangan itu,” jelas Bahrul Ilmi Yakub selaku tim advokasi keluarga tersangka saat dimintai keterangan oleh wartawan.
Awalnya media cetak dan elektronik tidak ada yang diperbolehkan mengambil gambar atau meliput saat pertemuan berlangsung. Di luar ruangan tidak luput dari penjagaan ketat oleh anggota Brimob bersenjata lengkap. Usai pertemuan, barulah pihak keluarga para tersangka teroris bisa diwawancarai, setelah pihak Densus AT 88 Mabes Polri datang. Namun sama halnya seperti saat rekontruksi, kelima para tersangka teroris yaitu Sugiarto, Wahyudi, Heri Purwanto, Abdurrahman Taib dan Agustiawarman tidak bisa ditemui. Lagi-lagi, wartawan harus kecele, karena para tersangka langsung diangkut ke dalam bus dan pergi tanpa ada yang tahu.
Christin, yang mengenakan jilbab serba hitam itu datang bersama dengan keempat anaknya dan orang tuanya tampak sedikit kecewa karena hanya sebentar waktu yang diberikan untuk berjumpa. Namun dirinya mengaku, sebelum berpisah, anak-anak sempat berfoto-foto dengan Abi, sapaan akrab tersangka Agustiawarman.
“Yang jelas kita senang, ini pertemuan kedua kalinya dengan bapak setelah kita ketemu di Jakarta beberap waktu lalu. Tapi syukurlah meski hanya sebentar, kita melihat kondisi kesehatan bapak sangat baik, tidak ada pesan untuk anak-anak dan sebelum berpisah anak-anak sempat foto-foto dulu dengan Abi,” kenang Christin.
Seperti halnya dengan Christin, Suud, orangtua tersangka Sugiarto yang datang langsung dari Desa Jati Mulia II, Kecamatan Madang II, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur ini mengaku sangat senang bisa bertemu dengan anaknya. “Alhamdulillah Sugi sekarang gemuk dan badannya lebih segeran ketimbang waktu dulu. Kita sekeluarga besar berharap agar kasus ini secepatnya bisa diajukan ke pengadilan dan biar jelas tentang status dirinya nanti. Yang saya tahu, dia itu kuliah di IAIN Raden Fatah Palembang. Kuliahnya sudah di semester enam, jurusan Bahasa Arab, tinggal dikontrakan di belakang IAIN, sangat jarang pulang ke kampung. Kami sekeluarga tidak tahu kalau dia (sugiarto,red) berbuat seperti itu, yang kami tahu dia kuliah dan orangnya pintar bahasa Arab” jelas Suud.
Tampak hadir pula Purwati ibu dari tersangka Heri Purwanto, mengatakan bahwa anaknya sehat-sehat saja. “Dia (Heri,red) tidak ada pesan apap-apa dengan keluarga. Harapan saya,  kasus ini cepat tuntas, bisar jelas masalahnya. Kita sudah bertemu dua kali semenjak penangkapan yang lalu,” ujar Purwati yang datang mengenakan baju batik dan jilbab putih ini.
Hadir juga Kms Abdul Azis, orang tua tersangka Toni. Sayang dirinya tidak bisa melepas kangen dengan anaknya, karena tersangka Toni tidak datang bersama lima rekannya yang lain.
Kedatangan keluarga tersangka teroris ini didampingi langsung oleh tim Advokasi keluarga tersangka yaitu Bahrul Ilmi Yaqub, SH dan Drs H Umar Said selaku Ketua Forum Umat Islam (FUI). Menurut Bahrul, dirinya mewakili pihak keluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Densus 88 AT Mabes Polri dan Polda Sumsel yang telah memberikan waktu kepada anggota keluarga tersangka bertemu.
“Kami mengucapkan ribuan terima kasih dengan pihak Densus yang telah memberikan waktu dan memfasilitasi pertemuan yang kedua kali ini, karena sebelumnya kami tidak mendapat kejelasan apakah pihak keluarga bisa bertemu atau tidak,” ungkap Bahrul.
Menurut Bahrul, ada beberapa hal yang disesalkan oleh pihak keluarga tersangka. Yaitu saat diadakan reka ulan, pihak keluarga tidak diberitahu dan keluarga juga menanyakan mengapa tim kuasa hukum yang sudah ditunjuk dan tanda tangan dengan tersangka yaitu Asludin hatjani SH, tidak hadir. Terkait dengan pihak keluarga yang belum bertemu dan akan berangkat ke Jakarta, Bahrul belum bisa memberikan komentar.
“Kita belum bisa mengatakan hal itu, sampai saat ini kita juga tidak tahu kenapa hanya lima orang saja yang di bawa ke sini. Namun setahu kita kalau sudah dilaksanakan rekonstruksi seperti kemarin maka tentunya kasus itu sudah dekat untuk dipersidangan. Apakah nanti sidangnya akan dilaksanakan di Jakarta atau di Palembang kita juga belum dapat infonya,” aku Bahrul.
Sekitar pukul 11.45 WIB pihak Densus Mabes Polri yang datang ke Mako Brimob Polda Sumsel langsung menjemput lima tersangka dengan mobil bus Polda Sumsel bernomor polisi 1008 V dan sejumlah mobil ini, langsung menuju ke Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB II) untuk kembali ke Jakarta.(kai)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: