Buka Peluang Pasar Lokal

RADAR PALEMBANG, KRISIS- Krisis pasar finansial global membuat harga-harga komoditas ekspor, saham unggulan di bursa serta nilai tukar rupiah anjlok. Untuk menyelamatkan produk-produk yang selama ini berorientasi ekspor, pasar lokal harus dibuka.  Menurut Ekonomi  Universitas Sriwijaya (Unsri) Dr  Didiek Susetyo, SE Msi, ada pasar lokal Berpeluang untuk berkembang saat badang krisis berlangsung.


’’Saya katakan itu karena selama ini yang menjadi pusat perhatian adalah pasar ekspor.  Saat kondisi tak menguntungkan, saatnya digarap pasar lokal yang juga potensial,’’ucapnya.
Krisis global, lanjutnya, bisa dijadikan momentum menumbuhkan confidance dan self reliance, menumbuhkan sikap hemat dan pengalaman untuk resisten atas krisis global serta how to survive.
Para pelaku bisnis harus tetap berupaya untuk keluar dari krisis global ini. Caranya? Mereka harus tetap responsif atas gejolak dan segera melakukan adjustment. Kemudian lakukan penetrasi pasar ekspor, disentif terhadap produk-produk impor. ’’Terakhir batasi aktivitas bisnis yang high risk dan tingkatkan produktivitas,’’ucapnya.
Langkah yang harus diambil pemerintah pusat? Menurut Didiek, pemerintah harus memenuhi kebutuhan pokok rakyat akibat market failure. Lalu pemerintah juga harus bisa menjaga kelancaran distribusi barang dan jasa sampai ke konsumen. Kemudian mendorong pertumbuhan entrepeneur pemuda yang mandiri dan kreatif. Serta menjaga momentum tumbuhnya kegiatan ekonomi lokal.
’’Untuk pemerintah daerah diharapkan melakukan percepatan pertumbuhan ekonomi pada sektor-sektor unggulan dan promosikan aset-aset daerah untuk investasi,’’pungkasnya.(sep)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: