Gula Komering Cukupi Kebutuhan Nasional

RADAR PALEMBANG, GULA – Keinginan masyarakat OKU Timur untuk memproduksi sendiri gula dari Komering segera terwujud. Dengan mulai dibangunnya pabrik PT Laju Perdana Indah (PT LPI), kemarin (28/10). Setidaknya pada April 2010 rencananya gula komering OKU Timur mulai dipasarkan.


Hal ini diungkapkan Direktur Utama PT LPI Daddy Hariadi di sela-sela peletakan batu pertama pembangunan Pabrik PT LPI. Menurut Daddy, pembangunan pabrik LPI dilaksanakan selama 24 bulan. “Rencananya pada April 2010 mendatang kita sudah dapat memproduksi sendiri gula putih komering dengan standard icumsa 100,” ujar Daddy.
Dikatakan Daddy, setelah proses pembangunan selesai pabrik akan memproduksi 140 ribu ton gula per tahun dengan bahan baku tebu 8.000 ton per hari yang bisa ditingkatkan 10 ribu ton per hari.
“Dengan diproduksinya gula komering nantinya, diharapkan akan menjadi leader dalam mengurangi impor gula di Indonesia. Seperti kita ketahui, keperluan nasional akan gula di Indonesia mencapai 3,5 juta ton per tahun, sedangkan produksi nasional hanya memasok 2 juta ton per tahun sehingga masih terdapat kekurangan sekitar 1,5 juta ton per tahun. Kekurangan tersebut akan semakin meningkat dari waktu ke waktu seiring pertumbuhan dan peningkatan standar hidup masyarakat. Peluang inilah yang ambil dengan mendirikan pabrik gula,” jelas Daddy.
Pabrik gula PT LPI sendiri dibangun di areal seluas 40 hektar dengan luas kebun tebu 21.502 hektar yang akan terus diupayakan penambahan sesuai kebutuhan. Biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan pabrik gula tersebut menurut Daddy mencapai 118,4 juta dolar. Kemudian ditambah biaya fasilitas lain seperti alat mesin pertanian dan lainnya hingga mencapai total Rp 2 triliun.
Dalam pembangunan pabrik gula PT LPI sendiri setidaknya dibutuhkan sekitar 1.000 orang tenaga kerja dan sesudah beroperasi terutama saat masa giling dan masa tebang mencapai 10.000 tenaga kerja.
“Selain kontribusi dari tenaga kerja, hadirnya pabril gula di OKU Timur diharapkan pula dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD), meningkatkan roda perekonomian, serta peningkatan pendapatan petani dengan pemanfaatan lahan masyarakat untuk perkebunan tebu,” imbuhnya.
Lebih lanjut Daddy menambahkan biaya yang diperlukan dalam pembangunan pabrik gula sebesar Rp 2 triliun tersebut, 65 persen di antaranya dibiayai oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI).
Sementara itu, Bupati OKU Timur H Herman Deru mengatakan pembangunan pabrik gula telah melewati beberapa masalah, seperti kerusuhan yan terjadi beberapa tahun lalu. Oleh sebab itu, ia berharap masalah tersebut segera dilupakan dan perusahaan segera bersinergi dengan masyarakat dalam membangun OKU Timur.
“Saya berharap 50 persen karyawan diambil dari penduduk lokal, dengan begitu masyarakat benar-benar merasakan dampak pembangunan perusahaan,” katanya.
Hal senada diungkapkan Kapolda Sumsel Irjen Pol Ito Sumardi DS, yang mengatakan pembangunan PT Harus berdampak positif terhadap warga dan bila ada konflik antara warga dengan perusahaan agar kiranya dapat diselesaikan dengan baik.
“Peristiwa 1 Juli di PT LPI harus kita lupakan dan menjadi pelajaran bagi kita. Polda dan Polres OKU Timur akan menjamin investasi di OKU Timur ini,” janji Kapolda. Tampak hadir dalam peletakan batu pertama pembangunan pabrik gula PT LPI tersebut seperti Ketua Kadin Sumsel Ahmad Rizal, Direktur CAMCE Mr Wang Bo, dari BRI Sudaryanto, dan unsur muspida lainnya. (awa)

19 Tanggapan

  1. artikel yang menarik…gula emang kebutuhan pokok…kira-kira gula komering tu warnanya ap…terus komering tu jenis tumbuhan kaya gmana ya

  2. Komering adalah nama daerah di Sumatera Selatan. Di sana terdapat lahan tanaman tebu yang cukup luas. Saat ini ada beberapa Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) , Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur (OKUT), Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUT) serta Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).
    Saat ini di sana beroperasi pabrik gula Cinta Manis yang dikelola oleh PTPN VII.

  3. PT LPI membuka lowongan pekerjaan untuk OKU TIMUR.saya putra daerah OKU TIMUR ingin menjadi karyawan di PT LPI gimana caranya ya……………. sudah lulus kuliah tapi belum juga dapat pekerjaan….. tapi cuma Ahli Madya komputer kira2 bisa kerja di PT LPI gak yaaaaaaaaa..

  4. Nah ini yang menarik buat saya….di PT LPI saya tingal di OKI timur, kalo masih ada lowongan kerja di PT tersebut sudi kiranya bapak/ibu memberikan informasi…
    saya lulusan Sarjana Komputer S1(STMIK), berpengalam sbagai Staff,Adm,Data monitoring,Tracebility.Saya mampum membuat Program Aplikasi Yang di Butuhkan PT yang bapak pimpin secara tersetruktur…dan terprogram untuk kedepan.
    Jika di tawarkan ini merupakan suatu peluang bagi saya untuk meniti karir,dan berusaha skuat tenaga dan sumbangsih berdasarkan ilmu yang saya dapat dari pengalamn kerja,atau dari Ilmu akademik agar membantu perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin
    No Hp: 085669640002
    email : andy.nasution@yahoo.com

  5. Di LPI ada Lowongan untuk jurusan Teknik Mesin ga ya?
    Saya lulusan Teknik Mesin dari unv. Sanata Dharma Jogja, angkatan 2002.
    Saya pernah bekerja menjadi Assisten teknik di PT. Swakarsa Group Muara Wahau, kutai Timur, Kalimantan Timur selama 1 tahun. Kemudian mengundurkan diri dan Gabung di Salah Satu perusahaan Internasional di Medan.
    Mulai awal tahun ini saya tinggal di Belitang Madang Raya, dan saya sangat tertarik sekali untuk bisa bergabung dengan PT. LPI.
    terimaksaih.
    HP : 081373277140
    Email : Hand_JMC@yahoo.co.id

  6. seperti teman2 yang lain,saya juga telah selesai pendidikan S1 mipa fisika konsentrasi di bidang elektronika dan instrumentasi di UNSRI dan saya sekarang tinggal di kecamatan Belitang II, saya telah memasukkan lamaran kerja ke PT. LPI hampir 1 tahun yang lalu. tapi tidak ada tanggapan sama sekali dari pihak LPI. terus saya harus bagaimana??? apa yang harus saya lakukan???? saya harus cari info di mana????
    HP: 081532545882

  7. Di LPI ad loker untuk Teknik Mesin gak ya.??? saya suhanda, lulus dr UNSRI th 2007 …saya mohon kepada manager PT.LPI
    agar saya dan teman-teman, putra-putri Ogan Komering Ulu Timur agar dapat bekerja Di LPI..lebih-lebih dapat turut membangun Ogan Komering Ulu Timur…

    Tolong Berikan kami kesempatan PUTRA – PUTRI Ogan Komering Ulu Timur…..!!!

    Tetap Semangat PUTRA – PUTRI OKU Timur….!!!

    HP: 0816 355657

  8. kalo kirim lamaran ke pt LPI almt lngkpnya dmana ya?

  9. kalo kirim lamaran ke pt LPI almt lngkpnya dmana ya?

    hp 085838003734

    email:putratuba@gmail.com / putragpm@gmail.com

    web: http://putratuba.myopera.com

    trimksh

  10. kalo kirim lamaran ke pt LPI almt lngkpnya dmana ya?

    hp 085838003734

    email:putratuba@gmail.com / putragpm@gmail.com

    web: http://.myopera.com/pu
    tratuba
    trimksh

  11. saya orang OKI, Tugumulyo. Pingin banget rasanya kerja di daerah sendiri. Saya saat in i kerja di JKT sebagai Accounting. mendengar ada pabrik Gula Besar di daerah sendiri pingin sekali gabung, Saya S1 Akuntansi Pengelaman 10 th manager Accounting. berilah aku kesempatan LPI….!!! HP ku- 081311550049

  12. Saya edy suryanto ,saya sekarang masih bekerja di batam ,di sebuah perusahaan sebagai mechanical enginering khususnya machine shop
    Sebagai senior teknisi 4 dari th 2004-sekarang
    Saya berkeinginan untuk bergabung dengan perusahaan yang bapak pimpin kususnya pt LPI
    Kalo ada info loker pt LPI tolong hubungi saya (edy_mach@yahoo.co.id)
    Terima kasih

  13. Aq siap mengabdi di PT LPI,
    AQ ARI yg skrang udh bkerja di pbrik Gula di PT PSMI di bgian Clary(proses)
    hp 085279999844

  14. Sy Aby Nur,sy siap dan ingin bergabung di PT LPI,sy msh bekerja di pabrik gula bagian MIL dan berkeinginan sekali untuk bergabung di PT LPI .
    Hp : 081369030428

  15. saya lulusan SMTI (SEKOLAH MENENGAH TEHNOLOGI INDUSTRI) SAYA INGIN MASUK KERJA KE LPI SAYA UDAH MEMASUKAN LAMARAN TP SAMPI SEKARANG BELUM DA JAWABAN..
    SAYA HANYA BUTH PROSEDUR BAGAI MAN CARANYA MASUK DAN BISA BEKERJA D SANA.?
    TRMKS

  16. Saya tamatan Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP/SPMA) Sembawa? Klu ada lowongan ditempat yg bapak pimpin, saya siap untuk dipanggil.

  17. Saya tamatan Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP/SPMA) Sembawa? Klu ada lowongan ditempat yg bapak pimpin, saya siap untuk dipanggil. (085273714250)

  18. Saya lulusan S1 TeknikPertanian UNSRI.saya siap bekerja di PT.LPI asal dari Oku Induk

  19. kapan lowongan kerja di pt lpi di buka?
    dimana aku bisa mendapatkan infonya?
    tolong email ke
    nano4@yuurok.com

Tinggalkan Balasan

