Penerimaan Pajak Optimis Capai Target

Meskipun Badai Krisis Finansial

RADAR PALEMBANG, CAPAI-Meskipun tantangan yang dihadapi Kanwil DJP Sumsel dan Babel sangat berat akibat pengaruh krisis, namun Kantor Wilayah masih tetap optimis target penerimaan hingga akhir tahun akan tercapai. Malah sampai posisi 8 Oktober 2008 lalu penerimaan sudah melonjak 128 persen.


Peningkatan ini merupakan cerminan dari kondisi perekonomian di Sumsel dan Babel tahun 2008. Krisis keuangan yang melanda global tidak membawa pengaruh banyak. Sampai sekarang tidak ada laporan PHK dan pengurangan produksi di sektor riil sehingga setoran pajaknya tidak akan banyak berubah.
Bahkan, pencairan dan pembayaran proyek-proyek yang dibiayai oleh APBN/APBD di akhir tahun diyakini akan menambah penerimaan secara signifikan di tahun 2008. Oleh karena itu, Kepala Kanwil DJP Sumsel dan Babel Anang Sangkut sangat optimis target penerimaan pajak 2008 akan tercapai. Bahkan bisa melebihi target yang ditentukan.
Hanya saja, krisis keuangan saat ini tetap dilakukan antisipasi dan penyikapan yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu dengan melakukan pembinaan dan pengawasan terutama terhadap para pembayar pajak besar.
Untuk memastikan tercapainya target penerimaan yang secara nasional, dikatakan Anang, melakukan tindakan sesuai ketentuan yang berlaku. Diantaranya intensifikasi yaitu memastikan bahwa laporan pajak yang dilakukan WP sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Kemudian juga dilakukan ekstensifikasi yaitu perluasan basis pajak dengan mensosialisasikan pentingnya memiliki NPWP. Kemudahan-kemudahan pengurusan perpajakan, modernisasi administrasi pajak dan himbauan terhadap masyarakat yang wajib membayar pajak. Dalam hal ini sesuai dengan kebijakan kantor pusat DJP, tengah dilakukan evaluasi terhadap kewajiban perpajakan oleh calon legislatif. Bukan hanya caleg diharapkan semua masyarakat yang memiliki kewajiban perpajakan, untuk segera melaksanakan kewajibannya secara benar, lengkap dan jelas.
Kebijakan pemerintah tahun 2008 yang juga perlu mendapat perhatian adalah sunset policy, penghapusan sanksi bunga bagi wajib pajak yang membetulkan laporan pajak penghasilannya di tahun-tahun lampau. Kebijakan ini sangat terbatas waktunya yaitu sampai 31 Desember 2008, khusus bagi Wpyang telah terdaftar sebelum tahun ini.
Apabila WP membetulkan laporannya dalam rangka sunset policy ini maka atas tahun yang dibetulkan itu tidak akan dilakukan pemeriksaan dan data yang disampaikan WP tidak dipakai untuk menghitung kewajiban atau pajak lainnya.(ade)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: