Pupuk Majemuk Gramalet Rambah Pasar Palembang

Dongkrak Kenaikan Produksi 45 Persen

RADAR PALEMBANG,PUPUK-Kabar gembira bagi sektor pertanian di Sumsel. Gramalet hadir sebagi pupuk majemuk yang mampu menggantikan kelangkaan jenis pupuk tunggal saat ini. Dengan pupuk ini dari sisi cost efisiensi biaya produksi mampu menghmat hingga 45 persen.


Begitu ditegaskan oleh Direktur PT CV Sinar Kencana Son Son Garsoni didampingi Sales Area Manager Palembang Ipunk di acara launching produk Gramalet untuk wilayah Sumsel, kemarin. Tingkat efisiensi ini bisa dilihat dari pola pemupukan, yang cukup dilakukan 2 kali setahun untuk sawit dan 3 kali setiap dua tahun untuk karet dengan dosis yang cukup 20-40 persen dibandingkan dengan campuran pupuk tunggal.
Dengan komposisi kandunga unsur hara makro primer (N,P,K) dan hara makro sekunder (MG,S,Ca) ditambah trace elemen berupa unsur mikro semakin memudahkan campuran hara merata dan tidak menguap ataupun hanyut terbawa aliran air meskipun pemupukan dilakukan pada musim hujan.
Produk yang sudah terdapat dan mendapatkan lisensi dari Departemen Pertanian dan telah merambah pasar eksport ke Thailand juga dipercaya di provinsi lain Kalimantan, Sulsel dan Medan diyakini bakal mampu menjadi substitusi kekurangan pupuk di Sumsel.
‘’Saya yakin, pasar di Sumsel cukup besar. Dari total kebutuhan pupuk Sumsel rata-rata normal mencapai 800 ribu  ton per tahun untuk sektor perkebunan, setidaknya mampu menembus pasar Sumsel hingga 13 persen,’’ujarnya.
Tentukan 4 titik lain didalam tepi tajuk (antara tepi tajuk dan pangkal batang) diantara arah mata angin lainnya (tenggara, barat daya, barat timur dan barat laut) dan masing – masing titik dibenamkan tablet.
Jika karet hanya butuh 20 tablet per batang, sawit butuh hingga 40 tablet per batang. Waktu penggunaan sekali untuk tanaman musiman, dan maksimal 2 kali dalam setahun untuk tanaman tahunan.
Jika rata-rata produksi sawit saja per  hektar  per tahun hanya 15 ton TBS. Dengan gramalet akan mampu mendongkrak hingga 25 ton TBS per hektar per tahun. Dengan hasil bisa dilihat setelah enam bulan pemupukan. .(ayu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: