1 November Simulasi Pemberangkatan

RADAR PALEMBANG, HAJI-Pematangan pemberangkatan haji bakal dilakukan 01 November besok di aula asrama haji Palembang. Dengan melakukan simulasi bersama dihadiri lebih kurang 130 orang, masing-masing bakal mempraktekan tugas masing-masing.


Simulasi haji yang rencananya akan dipimpin langsung gubernur Sumsel Mahyuddin NS sekaligus menjadi dewan pengarah. Bakal memperagakan seluruh tugas, mulai penerimaan jemaah di asrama haji, pemeriksanaan kesehatan, pemeriksaan paspor, pemeriksaan tas bawaan hingga pemberangkatan.
Menurut keterangan Humas PIH Wahidin Habi, hal ini dilakukan untuk menertibkan pemberangkatan jemaah dijadwalkan mulai 05 November dengan jadwal masuk asrama pada 04 November. Untuk persiapan lain, juga bakal digelar rapat besar seluruh petugas haji. Membicarakan kekurangan dan pemantapan lebih lanjut. Dipastikan hingga kemarin, jemaah yang berangkat adalah sejumlah 6.260 jemaah dari Sumsel-Babel.
Karena hingga hari ini tak ada lagi penambahan, meskipun beberapa waktu lalu sempat ada kosong 40 kursi. Itu sudah hak pusat, mau ditambahkan atau tidak, hingga hari ini tak ada penambahan.
Untuk  kesiapan prosedur lainya, semua perlengkapan haji seudah diserahkan ke masing-masing jemaah melalui KBIH masing-masing. Bahkan, kesiapan paspor dan tempat pemdokan tak ada lagi  penggantian.
’’Semua masih pada rencana semula. Dipastikan pemberangkatan jemaah haji regular 1429 H akan berlangsung selama 28 hari, dimulai 05 November sampai 02 Desember 2008. Sedangkan pemulangan jemah haji akan dimulai13 Desember 2008 sampai 09 Januari 2009.’’
Untuk jumlah jemaah haji regular dari pusat saat ini tercatat ada sebanyak 191 ribu orang dan petugas kloter sebanyak 2.465 orang akan diberangkatkan dari 11 embarkasi dalam 493 kloter (kelompok terbang) yang akan diangkut oleh Saudi Arabian Airlines dan PT. Garuda Indonesia.
Untuk garuda Air Line, akan mengangkut 107.465 orang jemaah terdiri dari sebanyak 301 kloter untuk embarkasi Palembang, Banda Aceh, Padang, Jakarta, Solo, Surabaya, Banjarmasin, Balik Papan dan Makassar. SEdangkan penerbangan Saudi Arabian Air lines mengangkut 86.000 orang jemaah terdiri dari 192 kloter dari embarkasi Jakarta, Surabaya, Batam dan Medan.
Sesuai dengan ketentuan IATA (International Air Transport Association) dan GACA (Saudi Arabia`s General Authority for Civil Aviation), setiap jemaah hanya diperkenankan membawa satu tas tentengan dan satu koper yang diberikan oleh pihak penerbangan. Koper jemaah hanya dapat diisi maksimal 32 kilogram, bukan 35 kg seperti tahun lalu.
Menyangkut penyediaan pemondokan di Mekkah, pusat telah meyewa sebanyak 359 rumah dengan kapasitas 137.361 orang atau 69 persen dari kebutuhan perumahan untuk 200.460 orang. Perolehan pemondokan tersebut untuk Ring I, 93 rumah dengan kapasitas 35.315 orang . dan untuk Ring II, 266 rumah dengan kapasitas 102.046 orang.
Penyewaan pemondokan di Mekkah dibagi menjadi 2 kategori, yaitu ring I jarak kurang dari 1.400 meter dengan sewa sebesar SR 2.000, tidak disediakan transportasi berada di wilayah Jarwal, Ma`abdah, Misfalah dan Jummezah. Untuk ring II berada di wilayah Aziziah Janubiah, Syauqiah dan Syissah, jarak lebih 1.400 meter disediakan transportasi dari pemondokan ke Masjidil Haram PP dengan harga bersifat proporsional.(ayu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: