Anugerah Securindo Pastikan Kekuatan Modal

RADAR PALEMBANG, MODAL-Hasil telaah bursa efek Indonesia ada sekitar 15 perusahaan sekuritas yang kini hampir menembus batas minimal modal kerja bersih disesuaikan (MKBD) Rp 25 miliar. Salah satu perusahaan tersebut Anugerah Securindo Indah yang juga beroperasi di Palembang. Namun perusahaan itu memastikan memiliki kekuatan modal maksimal.


Brach Manager PT Anugerah Securindo Indah Palembang Dudy mengungkapkan, perusahaanya tidak mengalami masalah dengan MKBD, karena yang namanya kesediaan modal tersebut bisa naik dan bisa pula turun. “Itu biasa, besok (hari ini red) bisa jadi naik lagi. Saya pastikan besok nilainya akan naik diatas Rp 25 miliar,” kata dia yang dihubungi tengah berada di Jakarta guna membahas masalah ini bersama direksi, kemarin.
Dia juga mengatakan kalau pada perdagangan kemarin khususnya untuk transaksi di Palembang tidak banyak melakukan penjualan atas saham-saham jatuh tempo, guna menutupi kekurangan MKBD tersebut. Ini bisa dilihat dari transaksi keseluruhan yang sedikit sekali jumlah net sales-nya. Sejauh ini, pihaknya juga belum menerima surat dari BEI mengenai batasan MKBD yang hampir kurang dari Rp 25 miliar.
”Kalaupun nantinya kami mengalami kekurangan dari MKBD itu, pasti akan langsung ditambah. Lihat saja posisi hari ini Rabu sampai Jumat mendatang nilainya pasti akan bertambah,” kata Dudy meyakinkan.
Nasabah sendiri, ucapnya, ada yang memang menanyakan masalah ini. Tetapi setelah dijelaskan bahwa MKBD itu biasa naik turun, nasabah mau mengerti sehingga tidak terjadi penarikan dana besar-besaran. Situasi pasar modal yang tidak stabil seperti sekarang, juga tidak akan mempengaruhi kondisi MKBD.
Sementara itu, kemarin Direktur Utama BEI Erry Firmansyah akan menurunkan modal kerja bersih disesuaikan (MKBD) perusahaan securitas. Hal ini terkait dengan semakin tergerusnya MKBD sejumlah perusahaan sekuritas seiring dengan gejolak di bursa global dan lokal.
Namun, ia belum menjelaskan secara rinci perubahan itu MKBD itu, begitu juga rencana penerapan kebijakan baru. Jika mencapai batas yang ditentukan Rp 25 miliar, maka otoritas bursa dapat menghentikan sementara kegiatan securitas itu sebagai perantara perdagangan saham.
Berikut 15 sekuritas yang terancam disuspensi (dalam miliar) PT Sekuritas Indo Pasifik Investasi (GA) dengan modal Rp 25,001, PT Makindo Securities (DD) Rp 25,064, PT First Asia Capital (PC) Rp 25,128, PT Anugerah Securindo Indah (ID) Rp 25,146, PT NC Securities (LH) Rp 25,213, PT Signature Capital Indonesia (FA) Rp 25,223, PT Pratama Capital Indonesia (PK) Rp 25,281, PT Millenium Atlantic Securities (RG) Rp 25,403, PT Financorpindo Nusa (AY) Rp 25,420, PT Paramitra Alfa Sekuritas (PS) Rp 25,504, PT Brent Securities (HK) Rp 25,550, PT Redialindo Mandiri (DU) Rp 25,581, PT Eurocapital Peregrine Securities (SD) Rp 25,761, PT Mahastra Capital Indonesia (GI) Rp 25,783, dan PT Millenium Danatama Sekuritas (SM) Rp 25,843. [L2].(ade)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: