OKUT Kehabisan Stok Benih Padi

RADAR PALEMBANG, KURANG – Stok bantuan benih yang akan diperuntukkan bagi petani sawah irigasi teknis dan sawah tadah hujan yang menjadi korban bencana banjir di Kabupaten OKU Timur akhir 2008, saat ini sudah tidak tersedia lagi. Hal ini dikarenakan minimnya stok benih yang diterima yang tidak sebanding dengan jumlah penerima.


Sebagai solusi untuk mengatasi kekurangan stok benih ini, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) OKU Timur masih mengupayakan untuk meminta tambahan benih baik dari pemerintah provinsi maupun dari pemerintah pusat
“Harus kita akui kondisi stok bantuan benih padi bagi korban bencana alam di Kabupaten OKU Timur sudah tidak ada lagi, solusinya kita tetap mengharapkan bantuan dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) OKU Timur Tubagus Sunarseno.
Dijelaskan Tubagus, jika melihat dari jumlah kebutuhan akan bibit untuk 117 ribu hektar sawah di Kabupaten OKU Timur maka diperlukan benih mencapai 2.925 ton lebih. Pemkab OKU Timur sendiri telah menyalurkan bantuan benih sebanyak 240 ton yang bersumber dari APBN tahun 2008 untuk membantu peningkatan produktivitas hasil panen petani di daerah ini.
“Namun jika melihat kondisi bencana banjir pada tahun sebelumnya Pemkab OKU Timur setidaknya membutuhkan kesiapan stok benih sebanyak 50 ton lebih. Kita berharap agar petani didaerah ini dapat selalu menjaga kebersihan saluran pembuangan air agar genangan tidak terlalu tinggi yang berakibat rusaknya bibit padi petani yang telah ditanam,” imbaunya.
Selain itu, dirinya juga mengimbau agar petani senantiasa melakukan langkah antisipasi agar tanaman padinya dapat terselamatkan dari genangan air yang berlebihan. Untuk 2009 mendatang Pemkab OKU Timur melalui Dinas TPH telah merencanakan untuk menyiapkan stok bantuan benih bagi korban bencana banjir.
“Adapun lahan sawah kerap menjadi daerah langganan banjir adalah sekitar Kecamatan Semendawai Suku III, namun setelah dilakukannya normalisasi sungai Macak kita berharap genangan banjir tidak akan separah 2006 lalu,” harapnya. (awa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: