PDIP 10, PKB 2 Segera di-PAW

RADAR PALEMBANG, PAW – Hampir semua partai politik (parpol) saat ini menggelar ”bersih-bersih” terhadap kader yang dinilai tidak loyal. Kali ini giliran PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang ”bersih-bersih”.


”Sekarang ini dari laporan dan pendataan yang kami lakukan ternyata cukup banyak kader PDI Perjuangan yang loncat pagar. Catatan kami saja sekarang hampir 10 kader yang loncat pagar,” kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel MA Gantada kemarin (29/10).
Kader tersebut, kata Gantada, saat ini tercatat sebagai anggota dewan di DPRD yang tersebar di lima kabupaten se-Sumsel. Mereka adalah anggota dewan hasil pemilu legislatif pada 2004 yang lalu.
”Secara rinci saya lupa. Yang jelas dari Banyuasin ada tiga orang, lalu ada di Empat Lawang, Musi Rawas, OKU Induk dan OKI. Prosesnya sendiri saat ini bervariasi, ada yang sudah kelar ada yang tidak,” imbuhnya.
Kalau yang di Banyuasin dan Empat Lawang jelas Gantada, semuanya sudah klir, SK sudah keluar dan resmi dipecat. KTA nya sudah dicabut. Tinggal di PAW (pergantian antar waktu) saja. Sedangkan untuk daerah lain masih dalam proses pemecatan dan menunggu SK nya.
Menyoal alasan pindah partai, Gantada menjelaskan cukup bervariasi. ”Yang jelas mereka pindah keberbagai partai. Ada partai baru, ada juga partai yang lama. Alasan juga macam-macam. Ada karena saat pengajuan caleg mendapat nomor yang tidak diinginkan, ada juga karena akumulasi kekecewaan,” imbuhnya.
Meski dilakukan pemecatan, Gantada menilai ini tidak akan merugikan partainya. Keyakinan ini didapatkan mengingat justeru pemecatan adalah bagian komitmen PDI Perjuangan. Mengingat selama duduk di dewan kader tersebut dinilai sering kali mengabaikan kepentingan masyarakat.
Sementara itu dari PKB juga melakukan pemecatan terhadap kadernya yang juga menjabat sebagi anggota dewan. ”Di PKB ada dua. Pertama di Musi Rawas, pemecatan dilakukan karena yang bersangkutan terdaftar sebagai ketua PKNU Mura dan menjadi caleg pula. Lalu di Lubuklinggau karena dinilai tidak loyal dan mengakui kepengurusan PKB yang ada saat ini,” tandas Ketua DPC PKB Mura Ibnul Hakim di DPRD Sumsel.
Prosesnya sendiri sambung anggota DPRD Sumsel, sudah diajukan ke DPRD dan tengah menunggung pelaksanaan PAW. ”Sampai saat ini baru itu saja. Tetapi kalau kedepan ada data konkret lainnya, bisa saja bertambah,” tukasnya.(rul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: