Penjualan Laptop Anjlok 50 Persen

RADAR PALEMBANG,   Melemahnya nilai rupiah terhadap dollar AS akibat krisis keuangan global mengakibatkan penjualan barang elektronik produk impor, khususnya laptop di Palembang cenderung menurun. Penurunan penjualan yang dialami pengusaha bahkan mencapai 40 persen hingga 50 persen.


Disamping itu harga perangkat elektronik Laptop tingkat internasional naik signifikan mengikuti nilai kurs dollar. Bahkan harga berpotensi akan terus meningkat jika rupiah terus melemah terhadap dollar AS. Seperti yang diungkapkan Cicin Wijaya, Owner IntiKomp menyatakan tidak stabilnya rupiah mengakibatnya penjualan perangkat komputer terutama Laptop menurun sampai dengan 50 persen. “Dengan situasi seperti ini strategi saya mencantumkan label harga komputer memakai dollar AS. Supaya pembeliannya mengacu harga dolar.”
Dalam hal ini, pengusaha tidak akan mengambil risiko terlalu tinggi akibat melemahnya rupiah terhadap dollar AS. Ditambahkannya, dengan mencantumkan label harga di setiap perangkat komputer tersebut dirinya tidak takut jika rupiah fluktuatif terhadap dolar.
”Tetapi penurunan ini tidak begitu berpengaruh untuk perusahaan karena terbantu lewat divisi lainnya. Karena Inti Komp bukan hanya menjual produk saja tetapi juga melayani jasa servis perangkat komputer. Walaupun penjualan perangkat komputer menurun tetapi jasa servis kita cukup banyak dipakai pelanggan, sejak harga naik kebanyakan konsumen memilih memperbaiki barang-barang elektronik lama,” sambungnya.
Mengenai stok perangkat komputer untuk saat ini pihaknya belum berani untuk memesan terlalu banyak. Apalagi saat ini nilai dollar masih fluktuatif. Pergerakan harga belum stabil masih naik turun, bukan dalam hitungan hari bahkan hitungan detik, situasi ini sangat merugikan para pelaku usaha. ”Sekarang tinggal menunggu saja dengan harapan dollar bisa stabil.”
Serupa juga diungkapkan oleh Ita, owner Ion Store yang mengalami penurunan penjualan sampai dengan 40 persen akibat naik turun nya dollar yang berujung pengaruhnya pada nilai kurs rupiah. Untuk saat ini kebanyakan konsumen memilih untuk menunggu serta menunda pembelian perangkat komputer terutama laptop sampai harga benar-benar stabil. Sedangkan stok saat ini masih tercukupi tetapi harganya disesuaikan dengan harga dollar, sedangkan untuk stok lama dijual seharga Rp 10 ribu per dollar AS. (iya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: