Pertamina Tambah Impor BBM

RADAR PALEMBANG, BBM-Mendekati akhir tahun, Pertamina berupaya memperkuat cadangan bahan bakar minyak (BBM) terutama jenis premium. Untuk itu, mulai Oktober ini Pertamina menambah impor premium sebanyak 2 juta barel.


Demikian disampaikan Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina Achmad Faisal. Menurut dia, pada kondisi normal, rata-rata impor premium per bulan sebesar 3 juta barel. Namun, mulai bulan ini, impor ditambah menjadi 5 juta barel. ’’Ini untuk memperkuat stok,’’ ujarnya saat ditemui di Kantor Departemen ESDM kemarin (29/10).
Faisal mengatakan, langkah menambah impor masih akan dilakukan pada November nanti. Menurut dia, bulan depan Pertamina akan kembali mengimpor premium sekitar 5 juta barel. Tambahan impor tersebut diperlukan untuk mengganti pasokan dari Kilang Balongan yang November nanti bakal menjalani pemeliharaan rutin. ’’Kami ingin memastikan stok aman,’’ katanya.
Selain premium, lanjut Faisal, Pertamina juga manambah volume impor komponen campuran (blending) menjadi 800 ribu barel dari sebelumnya yang hanya 400 ribu barel.
Sementara itu, kata dia, untuk solar, pihaknya tidak menambah volume impor karena stok masih cukup banyak, yakni hingga 26 hari. ’’Impor solar seperti biasa, sekitar 5 – 7 juta barel,’’ ujarnya. Sedangkan untuk minyak tanah, lanjut dia, Pertamina sudah tidak perlu mengimpor lagi karena adanya program konversi dari minyak tanah ke elpiji.(owi/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: