Pilbup Lahat, Semua Calon Yakin Menang

RADAR PALEMBANG, PILKADA – Hari ini, kepemimpinan Kabupaten Lahat lima tahun kedepan ditentukan. Sebanyak tujuh pasang calon bupati dan wakil bupati bertarung. Mereka akan memperebutkan 263.405 mata pilih yang tersebar di 17 Kecamatan dalam Kabupaten Lahat dan mencoblos di 672 Tempat Pemilihan Suara (TPS).


Pertarungan pemilihan bupati (pilbup) Lahat ini menarik dicermati. Selain karena kontestannya terbanyak selama perhelatan pilkada di Sumsel, juga diikuti kontestan yang berasal dari independen sebanyak tiga pasang calon. Mereka yang   akan bertarung tersebut masing-masing  pasangan nomor 1 H Amin Daoed SE MM- Dra Hj Endang DS MM (AmEn),  pasangan nomor urut 2 pasangan Ir Lukman Nulhakim- Pokbi Exman BF SH (Si dasi biru).
Selanjutnya,  pasangan nomor 3 Drs H Safaruddin Gumay MM- Hj Nurbaiti Rahim Sag MM (Sanur), nomor urut 4 Hermanto SH MSi – Hj Zulhana (Haza),  pasangan dengan nomor urut 5 H Saifudin Aswari A Rivai SE-Drs H Sukadi Duadji MM (Saji),  pasangan nomor urut 6 H Akmaludin MM- Drs H Chozali Hanan MM (Akli), dan  pasangan dengan nomor urut 7 Mukti Sulaiman SH Mhum- H Niko Fransisco SH (Manis).
Dihubungi koran ini secara terpisah, seluruh calon yang bertarung merasa optimis untuk keluar sebagai pemenang.  Misalnya pasangan AmiEn yang diusung sembilan partai politik, masing-masing Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), PPDI, PSI, PPD, Partai Patriot, PIB, PPNUI, dan Partai Damai Sejahtera (PDS), yakin betul akan jadi pilihan rakyat.
“Pada pemilihan esok (hari ini, red) semuanya kita serahkan saja kepada masyarakat, kita pasrah saja. Insya’ Allah mesin politik kita bisa berjalan baik hingga ke desa-desa,” ucap salah satu timses AmiEn, Suripto.
Demikian pasangan Lukman Nulhakim yang terakhir menjabat Kadis Kelautan dan Perikanan Sumsel bersama Pokbi Lord Exman BF SH yang menjabat Kepala Kesbang Sumsel dan merupakan pasangan perseorangan atau independen, tak kalah optimisnya.
Kandidat yang terkenal dengan sebutan “si dasi biru” ini, maju  dengan 22.738 dukungan yang dikuatkan dengan foto copy KTP dan pernyataan dukungan masyarakat di 15 kecamatan, yakin menang.
Pasangan ini mendapat dukungan hampir merata, daerah tertinggi memberikan dukungan adalah Kecamatan Kota Lahat mencapai 6.303 orang dan dukungan terendah di Kecamatan Pagar Gunung sebanyak 111 orang atau pemilih.             “Kita yakin saja dengan pendukung kita di 15 Kecamatan tersebut, mudah-mudahan kita bakal memenangkan Pemilu ini,” kata Lukman.
Selanjutnya, pasangan  Sanur malah menargetkan perolehan 45 persen suara. Pasangan independen ini maju ke pemilukada dengan 28.279 copy KTP dan pernyataan dukungan masyarakat.
Pasangan ini mendapat dukungan di 17 kecamatan atau seluruh kecamatan Kabupaten Lahat. Dukungan tertinggi di Kecamatan Kota Lahat sebanyak 4.322 orang, dan dukungan terendah di Kecamatan Pseksu sebanyak 37 orang.
“Kalo bisa jangan ada putaran ke dua lagi, kita menggunakan kekuatan tim keluarga saja. Basis utama kita Gumay Talang, Gumay Ulu, Gumay Lembak, Jarai, dan Pajar Bulan,” terang Syafaruddin.
Keyakinan yang sama, juga diungkapkan pasangan  Haza yang juga maju melaluin  jalur perseorangan. Ia menyertakan sebanyak 27.101 copy KTP dan pernyataan dukungan masyarakat. Dukungan terbanyak didapat dari Kecamatan Pajar Bulan yang mencapai 7.149 orang dan dukungan terendah di Kecamatan Pseksu, 17 orang.
Sikap yang optimis, juga datang dari pasangan Saji ayang menargetkan perolehan 53 persen suara. Perolehan suara tersebut merata di 15 kecamatan, dua kecamatan masing-masing Tanjung Sakti Pumu dan Tanjung Sakti Pumi diakui bukanlah daerah unggulan.
Pasangan ini didukung Partai Golkar, PBR, Demokrat, dan PPRN. Pasangan ini menargetkan perolehan tertinggi di Kecamatan Merapi Barat, Merapi Timur, Kikim, Mulak Ulu, Pajar Bulan, dan Kecamatan Kota Lahat.
“Untuk Kecamatan Lahat, Merapi, Kikim, dan Pajar Bulan insya’allah dapat kita raih sebanyak 60 persen, sedangkan basis yang dikuasai kandidat lain misalnya Kota Agung  yang dikuasai Pak Akmal dan Tanjung Sakti Pak Mukti Sulaiman, kami berkeyakinan perolehan suara untuk kami tetap ada di kedua daerah tersebut, dengan target 53 persen suara mudah-mudah tidak ada lagi putaran kedua,” akunya.
Sedangkan pasangan  Akli meyakini Pemilukada hari ini berlangsung satu kali putaran saja. Beberapa waktu lalu Akmaluddin manargetkan perolehan diatas 30 persen. “Kita target menang sesuai undang-undang diatas 30 persen,” ungkapnya saat kampanye akbar di Kikim Tengah. Pasangan ini didukung Partai PDIP, PPP, PBB, dan PDK.
Sementara itu, pasangan  Manis meski tidak menyebut target persentase perolehan suara pemilukada hari ini, namun pasangan ini meyakini segala kekuatan mesin politiknya yakni PAN dan PKS akan all out bekerja sampai ke tingkat desa-desa untuk memenangkan Pemilukada.
“Insya’ Allah kader-kader dan simpatisan partai pendukung akan all out sampai ke desa-desa, dengan basis massa di Mulak Ulu, Kota Agung, Pagar Gunung, Jarai, dan Tanjung Sakti, kita yakin dapat meraih kemenangan,” tandas Mukti.

++Persiapan 100 Persen++
Menyangkut persiapan, seperti hasil pantauan koran ini kemarin   sudah memasuki 100 persen. Baik tenda-tenda tempat pemilihan maupun peralatan lainnya sudah terpasang di setiap TPS.
Seperti disampaikan  Ketua KPUD Lahat,  H Rasyid Padjim BA.  Semuanya tidak ada masalah lagi. Logistik telah disebarkan 100 persen pada seluruh tempat pemumggutan suara (TPS) di 17 kecamatan. “Insya Allah, kondisi dari petugas PPK dan PPS tiadk ada kendala, sebab sejauh ini belum ada laporan yang masuk bahwa ada keperluan untuk mencoblos kurang,” kata Rasyid. (cr01)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: