Mie Instan Potensi Turun Harga

RADAR PALEMBANG, TURUN-Situasi ekonomi khususnya sector pangan mulai mengalami perbaikan harga. Hal ini berpotensi menurunkan harga jual produk mie instant keluaran PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Tetapi saat ini belum dihitung berapa besar ideal turunnya harga jual tersebut.


Branch Personel Manager PT Indofood Sukses Makmur Tbk (produsen Indomie) Hendy mengatakan, harga jual produk makanan instant tersebut berpeluang untuk turun. Apalagi setelah melihat situasi ekonomi yang kini sudah mulai membaik.
Perbaikan ekonomi itu, sambung dia, terlihat dari mulai stabilnya situasi pasar saham serta agak terkendalinya perdagangan rupiah-dolar. “Mudah-mudahan, dampak ke depan krisis ini tidak akan mempengaruhi penjualan, karena sejauh ini konsumsi masih stabil,” ujar Hendy, kemarin.
Dia menjelaskan, tidak mudah bagi perusahaan yang sudah go public ini untuk secara otomatis menurunkan harga. Sementara komoditas pendukung produk indomie sejauh ini juga belum mengalami penurunan. Misalnya minyak goreng dari perusahaan Bimoli yang jadi penyuplai bahan pelengkap Indomie, kini belum alami penurunan. Padahal harga minyak goreng khususnya jenis curah di pasaran sudah berangsur turun pasca turunnya harga TBS dan CPO di level petani dan perusahaan.
“Begitu pula dengan harga tepung terigu produksi Bogasari yang kini tetap mematok harga tinggi meskipun katanya harga tepung ini sudah mengalami penurunan,” ucap dia.
Disamping itu, sahutnya, masih banyak komponen lain yang mempengaruhi harga jual mie instant produksi PT Indofood, misalnya mengenai biaya transportasi yang dipengaruhi oleh harga BBM. Meskipun ada sinyalemen pemerintah akan menurunkan harga BBM, perusahaan ini belum melakukan ancang-ancang untuk membahas persoalan ini. “Makanya kami belum dapat memastikan harga akan turun atau tidak. Tapi mudah-mudahan harga BBM ini segera lekas turun sehingga mengurangi biaya produksi.”(ade)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: