Jadi Percontohan Negara Berkembang

RADAR PALEMBANG, PDAM – Setelah berulang kali mendera kerugian, kini kinerja PDAM Tirta Musi cukup membanggakan. Bahkan,  kini menjadi salah satu PDAM percontohan dan akan dipresentasikan di Los Angles.


PDAM Tirta Musi, kini juga menjadi percontohan PDAM di seluruh negara berkembang yang ada di seantero  dunia.  Ini bisa dibuktikan dengan  telah dibuatnya video profil oleh   World Bank atau bank dunia.
“Memang kita tadi sudah membuat video profil tentang kinerja PDAM Tirta Musi untuk menjadi contoh PDAM diseluruh negara berkembang termasuk negara dikawasan Afrika dan Amerika Latin,”ungkap  Sandra Usmani, Program Officer  World Bank untuk video profil.
Sandra juga mengatakan dipilihnya PDAM Tirtamusi menjadi video profil world bank berdasarkan audit dari pada departeman PU dan BPKP yang  menunjukan kinerja PDAM Tirta Musi sangat baik sekali.
“Semua PDAM yang ada di Indonesia saat ini sedang kolaps, tapi justru PDAM Tirta Musi, satu-satunya PDAM yang ada di Indonesia  yang berkembang pesat bahkan mampu melayani 80 persen penduduk Palembang,”ucapnya.
Dengan prestasi inilah, makanya World Bank menunjuk PDAM Tirta Musi sebagai PDAM percontohan baik di Indonesia maupun negara berkembangdi dunia.
“Video profil ini akan langsung kita bawa ke kantor pusat Bank Dunia di Washington DC  untuk kemudian menjadi bahan pelajaran sekaligus studi banding bagi PDAM-PDAM  yang ada di negara-negara berkembang,”ujarnya.
Sementara itu, Saiful Dea, Dirut PDAM Tirta Musi  mengatakan bahwa keberhasilan PDAM  menjadi percontohan dunia merupakan prestasi sekaligus merupakan cambuk untuk bisa bekerja lebih giat lagi.
“Sekarang ini kita mampu melayani 80 persen  warga Palembang, kedepan kalau bisa 90 persen atau mungkin 100 persen,”ucap Saiful.
Syaiful juga mengatakan,  hingga Oktober 2008 ini pendapatan yang berhasil dikukuhkan oleh PDAM  Tirta Musi mencapai Rp 185 miliar.
“Dengan pendapatan tersebut PDAM Tirta Musi bisa mencicil hutang pertahunnya Rp 30 miliar, selebihnya untuk peningkatan kinerja PDAM Tirta Musi,”ungkap Syaiful seraya mengatakan bahwa total utang PDAM Tirta  Musi setelah penghapusan denda adalah Rp 190 Miliar. (sep)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: