Parpipunra DPRD Lahat Diwarnai Interupsi

RADAR PALEMBANG, PENETAPAN-  Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lahat, mengukuhkan pasangan  pasangan nomor urut 5 H Saifudin Aswari A Rivai SE-Drs H Sukadi Duadji MM (Saji) sebagai pemenang pemilihan bupati (Pilbup) setempat.


Pasangan Saji dinyatakan menang telak, dan tetap berada pada posisi teratas dengan meraup suara sebanyak 61.445 atau 30.87 persen, dalam rapat paripurna yang digelar, kemarin. Sedangkan keenam pasangan pesaingnya harus puas menerima kekalahan telak dengan berbagi suara yang tersisa.
Paripurna penetapan itu disaksikan langsung seluruh petugas PPK di 17 Kecamatan, unsur Muspida Kabupaten Lahat, Panwaslu, saksi  dari 7 pasang calon, tim kandidat masing-masing pasangan, dan seluruh anggota KPUD Lahat.
Pelaksanaan penghitungan final dilakukan dengan cara menghitung satu persatu suara per kecamatan yang masuk, termasuk juga mecocokkan kembali hasil suara yang dipegang masing-masing petugas PPK, setelah dianggap klop dan selanjutnya KPUD menetapkan jumlah akhir suara masing-masing kandidat.
Dari hasil final tersebut, dinyatakan bahwa pasangan nomor urut 1 yang diusung sembilan Parpol (PKB, PKPB, PPDI, PSI, PPD, Partai Patriot, PIB, PPNUI, dan PDS). yakni Drs Mohd Amin Daoed SE MM-RR Endang MM (AmiEn) memperoleh suara sebanyak 5.154 di 17 Kecamatan.
Pasangan nomor urut 2 “si dasi biru” Ir Lukman Nulhakim- Pokbi Lord Exman BF SH (Indefendent) dengan 11.127 suara, pasangan perseorangan nomor urut 3 Drs H Safaruddin Gumay MM- Hj Nurbaiti Rahim Sag MM (Sanur) dengan suara sebanyak 9.977, dan pasangan perseorangan nomor urut 4 Hermanto SH MSi – Hj Zulhana (Haza) dengan perolehan sebanyak 19.873 suara.
Selanjutnya, duet pasangan nomor 5 yang diusung Golkar, Demokrat, PBR, dan PPRN (Saji) dengan suara sebanyak 61.445 di 17 Kecamatan, pasangan nomor urut 6 Drs H Akmaluddin MM-Drs H Chozali Hanan MM “Akli” (PDIP, PPP, PBB, dan PDK) dengan perolehan 46.932 suara, dan terakhir pasangan nomor urut 7 Mukti Sulaiman SH Mhum- H Niko Pransisko SH “Manis” (PKS dan PAN) dengan perolehan akhir sebanyak 44.527 suara.
“Seluruh suara yang masuk adalah 202.593 suara di 17 Kecamatan, dengan rincian suara sah sebanyak 199.035 dan suara tidak sah sebanyak 3558 suara, sedangkan angka Golputnya sekitar 22 persen, dengan perolehan suara tertinggi pada pasangan Saji,”  tutur Ketua KPUD Lahat, H Rasyid Pajim BA di sela-sela pleno.
Pada kesempatan itu, salah satu saksi dari pasangan Akli yakni Makmun, mengajukan sejumlah interupsi kepada KPUD agar dapat mengulang penghitungan kembali di PPS yang dianggapnya masih ada selisih suara di dalam penghitungan. Beberapa TPS yang dianggapnya tidak sinkron itu adalah di Desa Nganjungan dan Pulau Beringin Kecamatan Kikim Selatan, dan Desa Selawi, Ulak Lebat, serta TPS 08 Desa Bandar Agung Kecamatan Lahat Kota.
“Saat ini kita semua telah mengetahui siapa yang memimpin suara terbanyak, namun saya hanya meluruskan dan memohon penghitungan kembali pada PPS tersebut, sebab masih ada suara yang melebihi jumlah mata pilihnya dan juga tidak sesuai dengan suara sah,” pinta Makmun.
Menanggapi ini, salah satu anggota KPUD Lahat, Fahrurozi mengatakan, pihaknya tidak ada kewenangan untuk melakukan penghitungan kembali pada tingkat PPS, malainkan PPK masing-masing kecamatan yang berhak melakukan kroscek suara sesuai dengan peraturan KPU nomor 10.
“Salain itu, sangat disayangkan jika pengajuan tersebut baru disampaikan pada saat ini, sebaiknya jauh hari sebelumnya ataupun saat penghitungan suara di TPS, sebab di sana ada catatan untuk kebaratan saksi-saksi,” elak Fahrurozi.

++Legowo++

Terpisah, beberapa pasangan kandidat yang belum bisa lolos dalam Pilkada Bupati-Wakil Bupati Lahat periode 2008-2013 nampak legowo dan bersahaja, seperti Mukti Sulaiman yang saat ini sedang berada di Palembang, dirinya cukup berlapang dada menerima semuanya sebab kesempatan tersebut dianggapnya belumlah berpihak pada pasangan “Manis”. “Saya dengan tulus mengucapkan selamat kepada pasangan terpilih Aswari dan Sukadi, semoga beliau dapat menjalankan amanah tersebut,” terangnya.
Sedangkan pasangan perseorangan yang suaranya cukup mendominasi yakni Hermanto, ia memberikan kesempatan selama satu tahun kepada pasangan Saji untuk dapat mewujudkan visi dan misi yang telah disampaikan kepada masyarakat selama ini. Selama satu tahun itu dirinya berserta masyarakat Lahat akan terus memantau perkembangan yang akan terjadi. “Mungkin ini salah satu pressing dari kami untuk pasangan Saji, supaya terwujudnya Kabupaten Lahat yang sejahtera,” tegas Hermanto.
Lain halnya dengan Akmaluddin, mantan Kepala Diknas Lahat ini sama sekali tidak memberikan respon ketika koran ini meminta konfirmasi mengenai pasangan terpilih dan perolehan suara yang telah dia dapatkan. “No comment,” ucapnya ketus. (cr01)

Satu Tanggapan

  1. Kami mengucapkan SELAMAT kepada Bpk ASWARI sebagai Bupati Kabupaten Lahat.

    Semoga perkembangan Kabupaten Lahat semakin MAKMUR dan SEJAHTERA selama lima tahun yad !

    Salam Suharpang/ Apang Bandung
    teman sekelas SMP santo yosep – suka bareng naik motor – RX 100 Yamaha Silver dan Trail Enduro Kuning kesayangan pa Bupati Lahat 2008 – 2013

    Note : Kalau sempet email saya pak Bupati !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: