Depnaker Rekomendasi TKI Bebas Fiskal

TARAKAN – Penerapan kebijakan tarif baru fiskal luar negeri (FLN) per 1 Januari lalu menjadi berkah bagi TKI yang hendak berangkat ke luar negeri. Sebab, TKI yang telah memiliki rekomendasi sebagai tenaga kerja dari Depnakertrans dapat melenggang tanpa membayar fiskal. Syarat lainnya, TKI tersebut juga mengantongi kartu tenaga kerja luar negeri.
“TKI yang bekerja tanpa rekomendasi Depnaker atau karena kemauan sendiri tetap dikenakan fikal. Tentu, petugas di lapangan bersama pihak-pihak terkait akan terus mengawasi TKI, apakah mereka masuk kategori bebas fiskal atau TKI pribadi,” kata Kadri Silawane, kepala bagian Fiskal Luar Negeri Kantor Pajak Kabupaten Nunukan, kemarin (3/12). Nunukan adalah salah satu pintu keberangkatan TKI ke luar negeri, khususnya ke Malaysia dan Brunei.
Sesuai ketentuan Dapertemen Keuangan, besarnya FLN bagi orang pribadi yang akan bertolak ke luar negeri adalah Rp2.500.000 untuk setiap orang setiap bertolak ke luar negeri dengan menggunakan pesawat. Dan, Rp1.000.000 untuk setiap orang setiap bertolak ke luar negeri dengan menggunakan kapal.
Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan Nunukan terus menggalakkan sosialisasi pemberlakuan FLN. Menurut Kadri, sejak pemberlakuan FLN, di antara 560 orang yang tercatat berangkat ke Tawau, Malaysia, melalui sarana angkutan laut, 67 orang membayar fiskal. Selebihnya masuk kategori bebas fiskal. Sebagian adalah para TKI.(ica/jpnn/agm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: