Pemerintah Usulkan Trade Financing untuk Pembeli Produk Luar Negeri

JAKARTA – Pemerintah mengusulkan kepada kreditor agar sebagian alokasi trade financing bisa digunakan untuk memberikan kredit kepada pembeli produk ekspor produk asal Indonesia. Jadi, jika permintaan atas produk ekspor cukup tinggi, pembeli dari luar negeri bisa menggunakan plafon kredit yang ditawarkan kepada Indonesia.

Deputi Menko Perekonomian Bidang Perdagangan dan Perindustrian Edy Putra Irawady mengatakan, tidak semua alokasi trade financing bisa digunakan sebagai penjaminan ekspor-impor. Jadi, sebagian plafon bisa digunakan sebagai kredit pembelian. ”Sisanya mau kita tawarkan. Bisa tidak, misalnya, kita gunakan ini untuk buyers credit. Artinya, kita ekspor, pembelinya (mengajukan) kredit,” kata Edy di kantornya kemarin (8/5).

Menurut dia, saat ini kondisi ekonomi Indonesia masih cukup kuat ketimbang negara-negara lain di kawasan. Jadi, untuk produk ekspor yang punya masalah pembiayaan, bisa dijajaki skema buyers credit kepada kreditor. ”Di luar negeri namanya kredit ekspor,” ujarnya.

Edy mencontohkan banyak peminat konstruksi sarang laba-laba asal Indonesia. Tapi, dalam tender internasional kerap kalah karena tidak disertai skema pembiayaan. ”Kita akan bicara dengan donor. Bisa tidak mereka ikut nempel di sini supaya, kalau ikut tender internasional, ada skim pembiayaannya,” tuturnya.

Saat ini banyak lembaga keuangan internasional yang menawarkan trade financing. Edy menyebut International Finance Corporation (IFC), anak usaha Bank Dunia, menyiapkan USD 1 juta. Lalu, Japan Bank for International Corporation (JBIC) USD 500 juta. Bank Pembangunan Asia (ADB) segera memberikan komitmen trade financing.

Selain kredit pembelian, penjaminan ekspor juga masih menjadi kebutuhan utama untuk mengaktifkan perdagangan internasional. ”Saat ini, yang kita butuh adalah penjaminan ekspor (L/C),” kata Edy. Untuk itu, perlu bekerja sama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). (sof/dwi/jpn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: